Ratusan Kepala Madrasah NU di Gresik Bertekad Tingkatkan Mutu

rapat koordinasi kepala madrasah dan sekolah se-Gresik yang diselenggarakan di Batu. (Foto: NU Online/panitia)
rapat koordinasi kepala madrasah dan sekolah se-Gresik yang diselenggarakan di Batu. (Foto: NU Online/panitia), Ratusan Kepala Madrasah NU di Gresik Bertekad Tingkatkan Mutu
rapat koordinasi kepala madrasah dan sekolah se-Gresik yang diselenggarakan di Batu. (Foto: NU Online/panitia), Ratusan Kepala Madrasah NU di Gresik Bertekad Tingkatkan Mutu
Batu, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Gresik Jawa Timur menggelar acara terprogram dua tahunan. Kegiatan dikemas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) kepala sekolah dan kepala madrasah seluruh jenjang pendidikan. Mereka berjumlah 320 pimpinan lembaga pendidikan dan dipusatkan di Kota Batu  sejak Jumat hingga Sabtu (6-7/12).

Rapat koordinasi ini dalam rangka mempersiapkan program pendidikan NU tahun ajaran baru 2020/2021. Adapun pokok pembahasan antara lain informasi dan sosialisasi perkembangan isu terbaru kebijakan pendidikan dan peraturan kelembagaan PC LP Ma’arif NU. Terutama Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif NU (BP3MNU), regulasi tentang kepala sekolah/madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan. 
 
H Ahmad Jazuli menyampaikan, kegiatan ini sangat penting karena ada tiga tujuan yakni penguatan karakter organisasi, upgrade skill dan update knowledge
 
Ketua PC LP Ma’arif NU Gresik tersebut mengingatkan bahwa kekompakan dalam berorganisasi merupakan wujud nyata yang harus dimiliki.
 
“Terutama menumbuhkan kepercayaan atau trust antarlembaga dan juga dengan PC LP Ma’arif NU dalam menjalankan program-program yang telah di amanahkan NU Gresik,” kata alumni program doktoral Universitas Negeri Malang ini, Sabtu (7/12).
 
Sementara itu rapat koordinasi ini juga melakukan penguatan upgrade skill dengan menghadirkan motivator Hj Umi Dayati selaku dosen Universitas Negeri Malang , H Noor Shodiq Askandar selaku Ketua PW LP Ma’arif NU Jawa Timur, Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar dan Rektor Unisma H Maskuri.
 
Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gresik H Ismail Syarif menyampaikan bangga karena kegiatan ini sangat diapresiasi dengan banyak kepala sekolah dan kepala madrasah.
 
“Kami berharap agar komitmen bersama dalam mewujudkan pendidikan Nahdlatul Ulama semakin baik, maju dan mengalahkan lembaga lainnya,” harapnya. 
 
Pada kesempatan tersebut dirinya berharap LP Ma’arif NU segera menyelanggarakan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) dan diikuti seluruh elemen mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan dan masyarakat sekitar. 
 
“Agar kekompakan yang sudah digelorakan LP Ma’arif NU benar-benar terwujud dalam kwalitas manusia unggul melalui pendidikan Nahdlatul Ulama,” ungkapnya.
 
Noor Shodiq Askandar menyampaikan, sesuai hasil Muskerwil I PWNU Jawa Timur bahwa LP Ma’arif NU mendapat amanah penting untuk mengembangkan kualitas dan sumber daya manusia unggul dengan basic Aswaja An-Nahdliyah. 
 
“Saat ini pendidikan Indonesia tertinggal jauh dari pendikan negara lain. Karenanya keunggulan yang dimiliki oleh LP Ma’arif NU Kabupaten Gresik agar ditingkatkan dalam rangka menyongsong 1 abad Nahdlatul Ulama,” kata Wakil Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut. 
 
Pakar psikologi pendidikan Hj Umi Dayati dari Universitas Negeri Malang menyoroti psikologi kepala sekolah dan kepala madrasah. 
 
Dalam pandangannya, posisi tersebut merupakan manajer di tempatnya. Sehingga akan menghasilkan pendidikan yang berkarakter dalam pengembanagan pendidikan. 
 
“Untuk itu karakter yang dibangun harus benar-benar dimulai dari pribadinya sendiri para pengeloa pendidikan,” tandas motivator level Asia Tenggara ini. 
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
BNI Mobile