Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PCNU Kabupaten Sukabumi Adakan MKNU Kedua untuk Perkuat Organiasasi dan Aswaja

PCNU Kabupaten Sukabumi Adakan MKNU Kedua untuk Perkuat Organiasasi dan Aswaja
Para peserta Madrasah Kader Nahdlatul Ulama PCNU Kabupaten Sukabumi (Foto: NU Online/Sofyan Syarif)
Para peserta Madrasah Kader Nahdlatul Ulama PCNU Kabupaten Sukabumi (Foto: NU Online/Sofyan Syarif)
Sukabumi, NU Online 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Sukabumi mengadakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama yang kedua di Aula Gedung Serbaguna PCNU Kabupaten Sukabumi, Jumat-Sabtu (6-7/12). Keigatan tersebut diikuti 152 peserta yang terdiri dari mulai pengurus ranting, MWC, banom dan lembaga NU seperti GP Ansor dan Banser, LTMNU, RMINU, LWPNU, Lakpesdam, JQHNU, LDNU, dan LP Ma'arif NU.

Ketua Panitia MKNU Kabupaten Sukabumi Jalaludin mengatakan MKNU yang kedua adalah untuk penguatan organisasi dan pemahaman ideologi Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) dari mulai pengurus NU sendiri serta lembaga dan banomnya, dari tingkat cabang sampai ranting.

“Pertama, kegaiatan MKNU ini bertujuan untuk meneguhkan bahwa Ahlussunah wal Jamaah harus menjadi sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem ‘aqli (rasionalis) dan ekstrem naqli (skripturalis) yang bersumber dari Al-Qur’an dan sunnah serta menggunakan kemampuan akal ditambah dengan realitas empiric (ijma dam qiyas),” ujarnya saat ditemui selepas acara di Aula Gedung Serbaguna PCNU Kabupaten Sukabumi, Sabtu (7/12) malam. 

Kedua, lanjut Jalal, memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk membendung upaya-upaya yang saat ini ingin merongrong keutuhannya dan dari upaya-upaya yang melakukan pengingkaran terhadap prinsip-prinsip ukhuwah wathaniah (persaudaran nasional).

Ketiga, membangun gerakan kolektif yang diikat dengan ukhuwah atau solidaritas yang kuat (al-urwatul wutsqa) sebagai perekat gerakan yang dibangun atas dasar menguji kesamaan pandangan mengenai realitas dan apa yang harus dilakukan dan layak diperjuangkan bersama-sama akan pentingnya perjuangan.

Keempat, menyelaraskan fikrah, harakah, siyasah, dan ukhuwah untuk seluruh pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Sukabumi.

Kelima, membentuk kader NU yang kompeten dan berkarakter Aswaja sebagai dasar pengembangan sumber daya manusia yang akan mengisi kepemimpinan PCNU, lembaga, banom, dan MWC.

Keenam,membentuk kader yang kompeten dan memenuhi syarat sebagai pengurus NU sesuai Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga Nahdlatul Ulama, keputusan Muktamar NU Jombang tahun 2015, serta Munas dan Konbes NU tahun 2017 di Nusa Tenggara Barat.

Kontributor: Sofyan Syarif
Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile