IMG-LOGO
Nasional

Rampung Tahun Depan, Renovasi Masjid Istiqlal Capai 70 Persen


Selasa 10 Desember 2019 20:00 WIB
Bagikan:
Rampung Tahun Depan, Renovasi Masjid Istiqlal Capai 70 Persen
Wakil Kepala Bidang Ta’mir Masjid Istiqlal H Bukhori SA. (Foto: NU Online/Ahdori)
Jakarta, NU Online
Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Istiqlal memastikan renovasi masjid terbesar di Asia Tenggara rampung pada Mei 2020 tahun depan. Saat ini progress renovasi masjid yang dibangun era Soekarno ini mencapai 70 persen. 

“Renovasi Masjid Istiqlal sudah dimulai sejak Mei 2019. Menrurut rencana, sampai Maret 2020, tapi kemarin ada sesuatu hal jadi diundur menjadi Mei 2020. Jadi dari Mei ke Mei, jadinya setahun kan. Sejak direnovasi selama 7 bulan progress-nya sudah sampai 70 persen,” kata Wakil Ketua Kepala Tam’mir Masjid Istiqlal H Bukhori SA kepada NU Online, Selasa (10/12). 

Bukhori mengatakan, setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah maka tentu ada perubahan-perubahan yang signifikan antara lain kondisi masjid yang lebih indah dan bersih dan terdapat faslitas-fasilitas yang ditambah untuk para pengunjung seperti terdapat plaza dan taman. 

“Diharapkan setelah renovasi ini, Masjid Istiqlal lebih kinclong lebih bersih dan ada perubahan-perubahan yang lumayan monumental misalnya untuk lapangan parkiran yang awalnya di area permukaan tanah sekarang di bawah tanah, dua lantai.  Nanti juga di luar ada plaza-plaza terbuka, lebih rapi, insyallah,” ucapnya. 

Pihak pengelola sudah menambah petugas kebersihan untuk memberihkan dan mengontrol di lingkungan masjid. Termasuk penambahan daya listrik karena energi yang digunakan semakin tinggi karena terdapat fasilitas-faslitas baru. 

Ia juga telah menyiapkan program-program khusus untuk umat Islim di Indonesia, misalnya pengajian dan lain-lain. Jika tempatnya nyaman dan indah, maka ia yakin orang yang akan beribadah lebihh tenang. 

Sebagai informasi, renovasi Masjid Istiqlal oleh Kementerian PUPR meliputi penataan ulang kawasan di plaza dan gerbang, area dalam masjid, mihrab, koridor, ruang wudhu, toilet, perbaikan sistem mekanikal electrical dan plumbing bangunan masjid. 

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara yang mulai dibangun tahun 1961 pada masa Presiden Soekarno dan mulai difungsikan tahun 1978 pada saat Pemerintahan Presiden Soeharto.

Renovasi yang bersifat menyeluruh dari Masjid Istiqlal baru kali ini dilakukan setelah 41 tahun sejak pertama kali digunakan tahun 1978.  Renovasi juga untuk meningkatkan fasilitas yang ramah terhadap kaum difabel.  

Kontributor: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Abdullah Alawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG