IMG-LOGO
Daerah

Tanam Pohon Buah, Kader NU Ambarawa Luncurkan Program Sedekah Bumi


Jumat 13 Desember 2019 14:45 WIB
Bagikan:
Tanam Pohon Buah, Kader NU Ambarawa Luncurkan Program Sedekah Bumi
Santri Pesantren Manbaul Hisan Ambarawa membawa bibit buah Sedekah Bumi (Foto: Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Dalam rangka menjadikan daerahnya sebagai sentra buah, para alumni Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) di Kecamatan Ambarawa, Pringsewu, Lampung meluncurkan program Sedekah Bumi. Program ini dilakukan dengan memberikan bibit tanaman buah alpukat dan sawo untuk ditanam di pekarangan warga di daerah tersebut.

Ketua Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Ambarawa, Jumangin menjelaskan, program ini merupakan tindak lanjut nyata dari pelaksanaan PKPNU angkatan IV yang telah dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Pringsewu. Diharapkan dengan sedekah bumi ini kelestarian alam akan bisa terjaga terlebih menghadapi musim penghujan yang sebentar lagi tiba.

"Dengan penanaman buah alpukat ini kita ingin memanfaatkan lahan kosong di rumah-rumah warga untuk menambah taraf ekonomi melalui buah alpukat atau sawo yang benilai ekonomis tinggi," jelasnya kepada NU Online, Jumat (13/12).

Penanaman pohon pada program yang sudah dimulai dari dua RT di Desa Ambarawa Barat ini didampingi oleh relawan ahli penanaman pohon. Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan perkembangan tanaman karena memang ada cara-cara atau teknik tersendiri dalam menanam pohon dengan baik.

Ketersedian bibit sampai saat ini masih dilakukan dengan swadaya melalui sumbangan dari para donatur. Bagi yang berminat menjadi relawan Sedekah Bumi ini bisa menyampaikan sedekahnya senilai harga bibit pohon buah yakni Rp. 30.000/batang atau seikhlasnya. 

"Sedekah bisa disalurkan mingguan atau bulanan sekali kepada koordinator relawan atau ke nomor rekening BRI 748901002400538," jelas Jumangin.

Bagi yang ingin bergabung dengan program ini lebih lanjut, bisa menghubungi koordinator relawan Sedekah Bumi di kesekretariatan Pondok Pesantren Manbaul Hisan Jalan HM Ghardi No. 38 atau bisa menghubungi WA 085840410704 atau Telepon 085366149510.

Program sedekah bumi ini menurut Jumangin juga merupakan wujud cinta pada bumi di mana manusia dilahirkan dan dibesarkan, dihidup dan dimatikan. Jika manusia cinta pada bumi maka niscaya akan dicintai oleh pencipta bumi ini, Allah SWT.

Menanam pohon juga lanjut Jumangin merupakan investasi dunia akhirat karena mampu menjadikan bumi hijau, udara lebih segar dan sejuk serta menjadi sumber kehidupan manusia.

"Semoga ini akan mampu mewujudkan Kecamatan Ambarawa sebagai daerah sentra buah dan menjadikan kampung-kampung di Ambarawa menjadi hijau dan asri," pungkasnya.

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG