IMG-LOGO
Nasional

Mendes Minta Pelajar NU Turut Awasi Dana Desa


Sabtu 14 Desember 2019 05:00 WIB
Bagikan:
Mendes Minta Pelajar NU Turut Awasi Dana Desa
Pembukaan Konferensi Wilayah Ikatan Pelajar NU XVI dan Ikatan Pelajar Putri NU Jawa Tengah, Jumat (13/12) (Foto: Ahmad Solkan)
Kendal, NU Online
Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.
 
Karena itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT)  Abdul Halim Iskandar mendorong kader-kader pelajar NU untuk ambil peran dalam pengawasan dana desa. 

"Jika desa maju maka kecamatan maju. Ketika kecamatan maju maka kabupaten atau kota juga maju, hingga secara nasional Indonesia menjadi maju. Maka dari itu penting bagi kader IPNU-IPPNU ambil peran dalam pengawasan dana desa," ujar Halim saat menjadi pembicara kunci di Konferensi Wilayah Ikatan Pelajar NU XVI dan Ikatan Pelajar Putri NU Provinsi Jawa Tengah, Jumat (13/12).

Perlu diketahui, tingkatan kepengurusan IPNU dan IPPNU dari dukuh, desa, kecamatan, kabupaten/kotamadya, provinsi, hingga tingkat nasional (pusat). Maka itu menjadi nilai tambah jika keberadaan kader setiap desa di Indonesia ambil peran dalam pengawasan dana desa. 

Menanggapi arahan tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Tengah Ferial Farkhan Ibnu Akhmad menyatakan pihaknya akan merekomendasikan pesan ini agar bisa ditindaklanjuti oleh kepengurusan PW IPNU Jateng kedepan. 

"Kami merespons positif atas arahan tersebut, di Sidang Komisi dan Rekomendasi forum Konferwil ini, kami akan merekomendasikan agar bisa ditindaklanjuti kepengurusan IPNU selanjutnya," tutur Feri usai ikuti pembukaan forum tiga tahunan PW IPNU dan IPPNU Jateng di Pondok Pesantren Al Fadlu 2 Srogo Brangsong Kendal.
 
Senada dengan Feri, Sri Nur Ainingsih selaku Ketua PW IPPNU Jawa Tengah menegaskan bahwa pihaknya juga akan mendorong kader pelajar putri NU Jateng untuk berperan aktif dalam pengawasan dana desa di desa-desa yang bersangkutan. Terlebih saat ini Impelementasi Dana Desa telah memasuki tahun kelima. 

"Tahun 2019 merupakan tahun kelima dana desa dikuncurkan pemerintah ke desa. Dikelola langsung oleh desa untuk memajukan desa, semoga makin baik pengelolaannya dan tepat sasaran," kata Ain, pemudi asal Blora ini. 
 
Selain Mendes PDTT, Pembukaan Konferwil turut dihadiri Anggota DPR RI FPKB Alamudin Dimyati Rois, Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Tengah KH Muzammil, Bupati Kendal Mirna Annisa, Ketum PP IPNU Aswandi Jailani, Ketum PP IPPNU Nurul Hidayatul Ummah, Majelis Alumni IPNU Pusat Hilmi Muhammadiyah, dan segenap utusan Pimpinan Cabang IPNU dan IPPNU Kabupaten/Kota se-Jateng.
 
 
Kontributor: A Halim Solkan
Editor: Kendi Setiawan
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG