Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pimpin Ansor Dharmasraya, Age Kurniawan Fokus PKD dan Kewirausahaan

Pimpin Ansor Dharmasraya, Age Kurniawan Fokus PKD dan Kewirausahaan
Konfercab Ansor Dharmasraya, Sumbar (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Konfercab Ansor Dharmasraya, Sumbar (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Dharmasraya, NU Online
Program pertama yang dilakukan usai terpilih menjadi Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat adalah menyelenggarakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di setiap Piminanan Anak Cabang (PAC) dan melakukan pelatihan kewirausahaan. 
 
"Kedua program kerja tersebut harus terlaksana 60 hari ke depan," janjinya.

Demikian diungkapkan Ketua PC Ansor Kabupaten Dharmasraya terpilih Age Kurniawan, kepada NU Online Ahad (15/12). 
 
Age yang sebelumnya Ketua PC IPNU Dharmasraya terpilih pada  Konferensi Cabang (Konfercab) II GP Ansor Kabupaten Dharmasraya yang digelar di Aula Pesantren Tarbiyatul Athfal Dharmasraya. 

“Dalam 60 hari sejak ditetapkan sebagai Ketua PC GP Ansor Dharmasraya, saya akan menyelenggarakan PKD di setiap PAC,  melakukan pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan skill anggota di bidang ekonomi. Hal ini penting dilakukan dalam transformasi dan terstrukturnya kader Ansor dengan baik," papar Age yang memimpin masa khidmat Ansor Dharmasraya 2019-2024. 

Pemilihan ketua dilaksanakan dengan musyawarah mufakat yang dipimpin Steering Committee (SC) Komedi. Menurut Komedi, GP Ansor yang lahir pada 1934 adalah organisasi pemuda yang berdiri sejak sebelum negara ini lahir. Untuk itu,  harus mampu menyelenggarakan suksesi kepemimpinan secara damai dan diharapkan menjadi contoh bagi organisasi lainnya. 

"Menjadi pengurus Ansor harus diniatkan untuk berkhidmah kepada ulama bukan untuk mencari jabatan. Alhamdulillah saya sebagai SC mensyukuri agenda ini berjalan dengan lancar," ujarnya. 
 
Ketua GP Ansor Kabupaten Dharmasraya periode 2015-2019 Khalik menjelaskan, sebagai kader Ansor yang akan menjadi pengurus harus memiliki niat untuk berkhidmah dan mendahulukan prinsip musyawarah mufakat memilih pemimpin dari pada sistem voting sebagaimana yang lazim dilakukan sistem demokrasi prosedural.

"Inilah cara kami untuk mengedukasi kompetisi dalam ber-Ansor. Dalam PD/PRT dan para ulama menyarankan carilah jalan terbaik yakni musyawarah," kata Khalik.

Konfercab dengan tema Konfercab, Transpormasi Kepemimpinan, Menuju Organisasi yang Solid dan Terstruktur dibuka  Bupati Dharmasraya diwakili Kabag Kesra Syafrudin dihadiri Ketua PW GP Ansor Sumatera Barat Rahmat Tuanku Sulaiman, Ketua PCNU Dharmasraya KH Nurkholidin, dan undangan sebanyak 150 orang. 

kontributor: Armaidi Tanjung
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile