Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kejurnas III Pagar Nusa Perebutkan 194 Medali

Kejurnas III Pagar Nusa Perebutkan 194 Medali
Pendekar putri Pagar Nusa pada Kejurnas II (Foto: NU Online)
Pendekar putri Pagar Nusa pada Kejurnas II (Foto: NU Online)
Jakarta, NU Online 
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) III Pagar Nusa siap digelar sepekan lagi. Gala-tanding bergengsi ini akan berpusat di Padepokan Pencak Silat TMII, bakal digelar bersamaan dengan Harlah ke-34 Pagar Nusa, pada 3 – 7 Januari 2020 mendatang. Panitia menyebut ada sedikitnya 194 Medali diperebutkan. 

“Dari keseluruhan kategori termasuk kategri seni, jurus baku, dan festival, kita mempertandingkan pencak silat sebagai seni ya, total ada 194 medali diperebutkan,” kata Sekretaris Panitia Kejurnas III Pagar Nusa M Nasrul Fani di sela-sela persiapan di Sekretariat PP PSNU Pagar Nusa di Jakarta (21/12).

Dia menjelaskan, secara umum Kejurnas berdasarkan usia terbagi atas pra remaja, remaja, dan dewasa dengan empat kategori yakni perorangan putra, perorangan putri, berpasangan, dan berkelompok. 

Di samping upaya melahirkan atlet-atlet silat berprestasi Kejurnas Pagar Nusa juga merupakan bagian dari sarana evaluasi pembinaan yang rutin digelar di lingkungan Pagar Nusa. 

Hingga tiga pekan pembukaan masa pendaftaran, Nasrul Fani mengatakan, sudah 720 CV pendekar tercatat di meja panitia. Mereka merupakan kontingen yang mewakili 21 PW Pagar Nusa se-Indonesia. 

“Insyaallah ini masih akan bertambah. Sebab sesuai arahan PP, kita akan genapkan waktu pendaftaran kita perpanjang hingga 31 Desember nanti,” urainya.

Perpanjangan ini menurutnya antara lain dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada beberapa PW yang masih menggelar seleksi tingkat wilayah. 

“Peserta dari kejuaraan ini sifatnya kan perwakilan wilayah. Jadi ada beberapa yang baru melaksanakan kejurda langsung utus jawara-jawaranya. Ada yang karena belum Kejurda jadi bikin even seleksi internnal,” papar Wakil Sekretaris PP Pagar Nusa ini.

Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile