IMG-LOGO
Daerah

MTs Al-Hikam Juara Lomba Kepala Madrasah Berprestasi di Jombang

Ahad 22 Desember 2019 05:00 WIB
MTs Al-Hikam Juara Lomba Kepala Madrasah Berprestasi di Jombang
Hj Maftuhah Mustiqowati, Kepala MTs Al-Hikam, Jatirejo, Diwek, Jombang saat presentasi. (Foto: NU Online/Ibnu N) 
Jombang, NU Online
Dalam rangka meningkatkan performa kepala madrasah, Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Jombang telah menggelar Lomba Kepala Madrasah Berprestasi, Jumat (20/12). 
 
Salah satunya dan yang menarik adalah Hj Maftuhah Mustiqowati yang meraih juara 3. Pasalnya, dia adalah satu-satunya sekolah swasta yang masuk final dan juara, meski harus puas di urutan ke-3. 
 
Ning Ika, panggilan akrabnya mengaku menghadapi lomba ini dirinya kurang persiapan. Meski demikian, tapi nyatanya dewan juri menetapkan bendahara Badan Komunikasi Madrasah Swasta (BKMS) Jombang ini dapat nominasi.  
 
"Berawal dari pertanyaan teman pada  malam hari,  apakah saya ikut kontes kepala madrasah berprestasi di Kemenag Jombang, saya jawab tidak tahu informasi, dan dia sampaikan  besok adalah hari terakhir pengumpulan portofolio," tutur pengasuh Pesantren Al-Hikam tersebut, Sabtu (21/12). 
 
Tidak banyak pertimbangan, seraya berucap basmalah dia bisa menyelesaikan persyaratannya walaupun berkejaran dengan waktu. 
 
Dia membuat karya tulis dengan judul Membangun Enterpreneurship di MTs Al-Hikam, Jatirejo, Diwek, Jombang. 
 
Yang membanggakan, dia adalah satu satunya MTs swasta. 
 
"Alhamdulillah masuk grand final dan satu-satunya dari MTs swasta. Perasaan saya antara senang dan nothing to lose, karena saya kepala madrasah swasta dan madrasahnya baru berdiri tahun 2009," akunya.
 
Selanjutnya dia harus membuat power point untuk  presentasi di hadapan juri sesuai tema yang diangkat. Menurutnya, enterpreneurship harus bisa menciptakan inovasi sehingga madrasah menjadi unggul dan akan diminati masyarakat,  sudah terbukti di MTs Al-Hikam dari kegiatan menjahit, 3R (ecobrick, POC dan bubur kertas), serbuk daun tin,  tata boga yakni ice cream dan roti. 
 
Dari upaya inovasi ini MTs yang dipimpin telah membuahkan hasil. Jumlah murid setiap tahun terus bertambah. 
 
Selang beberapa jam setelah presentasi ada pengumuman, dan dirinya masuk juara 3 kepala madrasah Tsanawiyah  berprestasi Kabupaten Jombang.
 
“Prestasi yang diraih hari ini menjadi pemacu untuk terus belajar dan berkarya mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat,” ungkap istri Gus Irfan ini.
 
Hasil lengkap juara kepala madrasah berprestasi tingkat tsanawiyah di Jombang yaitu juara 1 Umi Mahmudah (MTsN 6), juara 2 Sa'adatul Athiyah (MTsN 16), dan Juara 3 Maftuhah Mustiqowati dari MTs Al-Hikam, Jatirejo, Diwek Jombang.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG