Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banyak Pemuda Tabanan Ingin Jadi Ansor, Pengurus Gelar PKD

Banyak Pemuda Tabanan Ingin Jadi Ansor, Pengurus Gelar PKD
Pembukaan PKD Tabanan, Jumat (20/12) (Foto: NU Online/Irfandi)
Pembukaan PKD Tabanan, Jumat (20/12) (Foto: NU Online/Irfandi)
Tabanan, NU Online
Melihat antusiasme dan semangat pemuda Tabanan yang ingin bergabung dengan Gerakan Pemuda Ansor, Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Tabanan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar, Jumat (20/12).
 
PKD angkatan pertama ini dibuka oleh perwakilan Bupati Tabanan dengan resmi melalui pemukulan rebana didampingi Kapolres, Dandim dan tokoh tokoh lintas agama lainnya.
 
Ketua GP Ansor Tabanan, H Antoni mengatakan pengkaderan Ansor pertama bukanlah semata mata menambah anggota, namun lebih detail memberikan ilmu keansoran tentang bagaiamana mempertahankan negara kesatuan. 
 
"Kami memperioritaskan PKD awal ini bagi masyarakat Tabanan namun tidak menolak peserta luar Tabanan, pelatihan ini bukan sekedar hanya ingin menambah anggota tetapi lebih memberikan pelatihan ilmu keansoran, bagaimana memimpin organisaisi itu, tahu cara berkoordinasi dan mengintruksi sehingga tercipta kader yang solid dan sejalan untuk terus mencintai ulama, membantu mempertahankan NKRI," kata H Antoni.
 
Adapun target lain yang dicapai dalam pelatihan tersebut adalah terwujudnya kader militan yang mempunyai komitmen lillahita’ala dan pendidikan moral sebagai kemampuan dasar untuk terus berkeinginan melakukan amar ma’ruf nahi mungkar sesuai Ahlussunnah wal Jamaah Annahdiyah.
 
"Target kami dengan pelatihan ini ingin mewujudkan kader yang selalu menyadari untuk terus berbuat baik sehingga tercapainya Visi Misi Ansor menyadarkan para pemuda islam akan kewajibannya memperjuangkan cita-cita islam," imbuhnya.
 
Sementara PKD yang dilaksanakan sampai Ahad (21/12) mengundang dua pemateri dari GP Ansor Pusat. Pertama Gus Musafa, Wasekjen GP Ansor Bidang Kaderisasi PP GP Ansor. Magister Ilmu Politik asal Blora itu memberikan materi Orientasi dan Tata Tertib Pelatihan, Sejarah Peran Organisasi NU, dan Visi Misi GP Ansor.
 
Pemateri kedua M Ulil Albab Djalaludin atau yang akrab dikenal Gus Ulil, Ketua Kajian Aswaja NU Jawa Tengah. Ia memberikan materi yaitu Prinsip-prinsip Aswaja, Amaliah Tradisi NU, dan Peran Pemuda di Era Digital.
 
Tidak hanya pemateri atau instruktur dari pusat namun, juga dari Tabanan seperti Kapolres, Dandim, serta pengurus PCNU Tabanan yang menjadi narasumber.
 
PKD merupakan pelatihan paling dasar dalam GP Ansor, seorang pemuda akan dilatih sampai dibaiat untuk menjadi pemuda Ansor yang tangguh. PKD angkatan satu GP Ansor Tabanan diikuti sebanyak 60 peserta, berlokasi di Sekretariat bersama PCNU Tabanan Bali.
 
Kontributor: Irfandi
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile