Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU dan IPPNU di Gresik Isi Liburan Sekolah dengan Makesta

IPNU dan IPPNU di Gresik Isi Liburan Sekolah dengan Makesta
Makesta digelar saat liburan sekolah oleh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Driyorejo, Gresik. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Makesta digelar saat liburan sekolah oleh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Driyorejo, Gresik. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Gresik, NU Online
Libur semester ganjil telah tiba. Seluruh siswa menikmati masa tersebut dengan berbagai kegiatan. Kesempatan ini dimanfaatkan sejumlah pelajar di Gresik, Jawa Timur untuk mengikuti Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta. Proses kaderisasi  pertama di Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) tersebut sebagaimana dilakukan di Kecamatan Driyorejo. 
 
“Ikhtiar semakin mengintensifkan kaderisasi ini dilakukan IPNU dan IPPNU di Gresik sebagai tindak lanjut dari peresmian penggantian Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS menjadi Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU,” kata Mujiburrohman, Selasa (23/12).
 
Menurut Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Driyorejo tersebut, Makesta yang dihelat mengusung tema ‘Satu Tekad dalam Belajar, Berjuang, Bertaqwa untuk Pelajar NU’. 
 
“Hal itu tentu bermaksud tidak lain karena ingin membumikan nilai dan ajaran NU di kalangan pelajar dengan memanfaatkan waktu libur sekolah,” kata Mujib. Libur sekolah sebaiknya dimanfaatkan sepenuhnya untuk menggelar kaderisasi agar para pelajar mengetahui keberadaan IPNU dan IPPNU, lanjutnya. 
 
Dirinya berharap setelah masa libur panjang, pimpinan komisariat masing-masing sekolah sudah bisa menjalankan program yang telah disusun. 
 
“Hal ini merespons semangat para kader karena sayang sekali kalau harus ada yang tertunda-tunda. Dan itu juga nanti akan berdampak tidak baik untuk proses selanjutnya,” ungkapnya.
 
Makesta dilaksanakan di MI Tarbiyatul Akhlaq yang berada di bawah naungan  Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Wedoroanom, Driyorejo Gresik. Kegiatan dilakukan selama dua hari sejak Sabtu hingga Ahad (21-22/12) dengan peserta 90 orang.
 
Banyaknya yang tertarik mengikuti Makesta tentu saja membuat bangga panitia.
 
"Terus terang, kami sedikit kaget melihat antusiasme peserta hingga melebihi kuota,” kata Rio.
 
Ketua Panitia Makesta ini bersyukur selama pelaksanaan, segalanya berjalan sesuai harapan meski ditemukan kendala kecil. Namun prinsipnya tidak mengganggu proses yang ada. 
 
Dirinya berharap, kelancaran acara akan berlanjut pada kaderisasi di masa mendatang. Demikian pula berbagai program yang sudah ditargetkan dapat terlaksana dengan baik.
 
“Semoga ini semua menjadi awal yang berkah bagi IPNU IPPNU di sini,” pungkasnya.
 
 
Kontributor: M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile