IMG-LOGO
Nasional

Natal, Kiai Said Ajak Bangun Persaudaraan dan Solidaritas Lintas Agama


Selasa 24 Desember 2019 19:04 WIB
Bagikan:
Natal, Kiai Said Ajak Bangun Persaudaraan dan Solidaritas Lintas Agama
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj berharap seluruh pemeluk agama bisa menjalankan peribadatannya sesuai kepercayaan masing-masing karena di dalam konstitusi Indonesia dijamin Undang-Undang Dasar 1945. 

“Saya Ketua Umum PBNUmengucapkan selamat Natal kepada seluruh saudara-saudara saya yang beragama Kristiani di mana pun berada, khususnya yang berada di lingkungan Negara Kestuan Republik Indonesia,” katanya di Gedung PBNU, Jakarta, Ahad (22/12). 

Dengan momentum Natal ini, kiai yang pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Kempek, Lirboyo, dan Krapyak, serta 13 tahun di Universitas Ummul Qurra Makkah ini mengajak untuk memperkuat persaudaraan agar masa depan bangsa Indonesa semakin bermartabat dan berbudaya. 

“Kita pertahankan kepribadian bangsa Indonesia yang moderat dan plural, Bhineka Tunggal Ika. Mari kita berlomba membangun kebaikan, hal-hal yang positif di masyarakat bangsa Indonesia, lintas agama, lintas kebudayaan, lintas etnik, semoga masa depan Indonesia semakin dihargai semakin dihormati oleh bangsa-bangsa dunia. Sekali lagi, mari kita perkuat persaudaraan solidaritas antaragama, bangsa, dan antara umat manusia,” pungkasnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor H Yaqut Cholil Qoumas yang tengah berada di Korea Selatan juga mengucapkan selamat Natal bagi pemeluk agama Kristiani. 

“Saya dari Buddha Temple Mount Seorak, Korea Selatan,perkenankan mengucapkan selamat merayakan Natal bagi saudara-saudara umat Kristiani. Pesan Natal kali ini adalah, hiduplah sebagai sahabat setiap orang, mudah-mudahan oleh saudara-saudara umat Kristiani bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sekali lagi, selamat merayakan Natal,” katanya. 

Sebagai solidaritas antarumat agama, anak-anak muda NU di Gerakan Pemuda Ansor telah turun ke lapangan. Mereka turut serta dengan para polisi dalam menjaga keamanan perayaan Natal dan tahun 2019 di daerah masing-masing.  

Di Kupang, Nusa Tenggara Timur, misalnya Gerakan Pemuda Ansor menurunkan ratusan anggotanya untuk turut serrta menjaga gereja. 

“Sebanyak 500 persenol GP Ansor akan ikut membantu polisi dan TNI mengamankan perayaan Natal 2019,” Kata Ketua GP Ansor NTT Ajhar Jowe. 

Pewarta: Abdullah Alawi
Editor: Zunus Muhammad
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG