Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Geliat Songsong Harlah NU Tahun 2020 Sudah Terasa di Lampung

Geliat Songsong Harlah NU Tahun 2020 Sudah Terasa di Lampung
Lomba tartilul Qur'an menyongsong Harlah NU tahun 2020 mendatang di MWCNU Sidomulyo, Lampung Selatan. (Foto: NU Online/Faizin)
Lomba tartilul Qur'an menyongsong Harlah NU tahun 2020 mendatang di MWCNU Sidomulyo, Lampung Selatan. (Foto: NU Online/Faizin)
Lampung Selatan, NU Online
Walau waktu peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama masih satu bulan lebih ke depan, berbagai aktvitas untuk menyemarakkannya sudah mulai terasa. Di antaranya terlihat di Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan.
 
Menyongsong Harlah yang jatuh pada 31 Januari 2020 mendatang, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sidomulyo menggelar berbagai macam perlombaan bagi para generasi muda.
 
Ketua Tanfidziyah MWCNU Sidomulyo Ahmad Sofian mengatakan, digelarnya perlombaan tersebut memiliki tiga tujuan utama. Selain yang pertama menyemarakkan Harlah Ke-97 NU, perlombaan tersebut juga menunjukkan syiar dan eksistensi NU di daerah setempat.
 
"Kami ingin menunjukkan kepada khalayak ramai bahwa NU ini benar-benar jamiyyah dan memiliki jamaah yang besar, bukan hanya namanya tapi kenyataannya memang juga besar," tegasnya kepada NU Online pada Selasa (24/12).
 
Tujuan ketiganya lanjut Sofian, adalah memberi edukasi sekaligus menanamkan kepada generasi muda baik anak-anak dan remaja terkait amaliyah ke-NU-an.
 
Ada tiga tangkai perlombaan yang digelar yakni azan, tartil Qur'an, hingga lomba tahlil yang kesemuanya diselenggarakan dan didukung oleh segenap warga NU dan badan otonom, serta pengurus NU kecamatan.
 
Dukungan ini juga sekaligus menunjukkan kekompakan pengurus Nu dengan organisasi yang bernaung di NU Sidomulyo seperti Muslimat NU, Pagar Nusa, IkatanPelajar Putri Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU), dan Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU).
 
"Mari kita tunjukkan bahwa Sidomulyo kompak, Kita satu harakah dan satu komando," tegasnya.
 
Semangat memeriahkan Harlah NU di Kecamatan Sidomulyo diharapkan mampu diwujudkan di seluruh kecamatan di Lampung Selatan. Hal ini diungkapkan salah satu pengurus PCNU Lampung Selatan Edi Sriyanto yang hadir pada kegiatan tersebut.
 
"Para generasi muda saat ini harus terus kita bentengi dengan kegiatan-kegiatan positif sehingga tidak terjerumus ke dalam hal negatif yang mampu merusak masa depan mereka," harapnya.
 
Ke depan ia berharap kegiatan menyongsong Harlah NU mampu menformulasikan kegiatan positif yang langsung menyentuh masyarakat. Selain lomba juga perlu diadakan kegiatan seperti bakti sosial ataupun diskusi ilmiah.
 
"Semakin derasnya informasi saat ini bisa merubah pola pikir dan sikap anak muda. Para generasi tua harus menyadari ini dan harus mampu mengarahkannya kepada hal yang positif di antaranya kegiatan positif seperti ini," pungkas Edi.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile