Nasional

Jamaah Haul ke-10 Gus Dur di PBNU Sukseskan Gerakan Koin Muktamar 

Kam, 26 Desember 2019 | 03:00 WIB

Jamaah Haul ke-10 Gus Dur di PBNU Sukseskan Gerakan Koin Muktamar 

Kotak Koin Muktamar saat haul ke-10 Gus Dur di halaman gedung PBNU. (Foto: NU Online/Wahyu Noerhadi)

Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar haul ke-10 Gus Dur, yang berbarengan dengan kegiatan rutin Lembaga Dakwah PBNU yakni istighotsah dan tahlil akbar. Acara dipusatkan di halaman gedung PBNU, jalan Kramat Raya, No.164, Jakarta Pusat, Rabu (25/12).
 
Pada kegiatan tersebut, panitia mengumumkan bahwa PBNU melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) telah mencanangkan gerakan Koin Muktamar. Hal tersebut untuk pendanaan momentum lima tahunan jamiyah dan jamaah Nahdlatul Ulama, yakni Muktamar NU ke-34 yang dilangsungkan 22 hingga 27 Oktober 2020 di Lampung.
 
“Mari kita baca shalawat. Mudah-mudahan jadi keberkahan kita semuanya untuk kegiatan muktamar, NU Mandiri, Indonesia Bermartabat,” ucap Ketua Panitia Haul ke-10 Gus Dur di PBNU, KH Misbahul Munir. 
 
Sekitar dua menit, diiringi dengan shalawat kotak Koin Muktamar berputar di antara jamaah.
 
Sementara itu, Koin Muktamar sendiri dimaksudkan sebagai upaya untuk membangun kemandirian jamiyah dan jamaah dalam agenda Muktamar, yang mengusung tema: NU Mandiri, Indonesia Bermartabat. 
 
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj, pernah menyampaikan bahwa melalui gerakan Koin Muktamar, nahdliyin di seluruh penjuru dunia diharapkan mampu membangun kemandirian untuk agenda lima tahunan NU.
 
“Saya Said Aqil Siroj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama,  dengan ini mengajak kepada seluruh masyarakat di manapun berada untuk ikut meramaikan dan menyukseskan gerakan Koin Muktamar,” ajak Kiai Said beberapa waktu berselang.
 
Kiai Said mengungkapkan, Koin Muktamar adalah suatu terobosan upaya menuju NU Mandiri, Indonesia Bermartabat.
 
“Oleh karena itu, mari kita sukseskan Muktamar NU ke-34 dengan ikut berpartisipasi melalui gerakan Koin Muktamar agar kita semua mendapatkan berkah dari Allah SWT dan mendapatkan rahmat-Nya fiddunya wal akhirah. Koin Muktamar; dari NU, oleh NU, untuk NU,” imbuhnya. 
 
 
Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Ibnu Nawawi