IMG-LOGO
Daerah

Pameran Keris, Lukis hingga Musikalisasi Puisi Digelar Lesbumi Jatim


Jumat 27 Desember 2019 15:30 WIB
Bagikan:
Pameran Keris, Lukis hingga Musikalisasi Puisi Digelar Lesbumi Jatim
Poster Festival Sunan 2019 yang digelar PW Lesbumi NU Jatim mulai 28-31 Desember 2019 di kantor PWNU Jatim. (dokumen: panitia)
Surabaya, NU Online
Pengurus Wilayah  (PW) Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) Jawa Timur segera menggelar ‘Festival Sunan 2019’. Kegiatan dipusatkan di gedung Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Jalan Masjid Al-Akbar Timur 9 Kota Surabaya selama tiga hari mulai Sabtu hingga Senin (28-31/12).
 
“Festival Sunan 2019 digelar dengan maksud dan tujuan untuk terus mengangkat nilai-nilai seni tradisi hasil dari akulturasi budaya yang sudah mulai punah,” kata Nonot Sukrasmono, Jumat (27/12).
 
Ketua PW Lesbumi NU Jatim ini mengemukakan betapa  pentingnya melestarikan dan menjaga budaya khususnya pada unsur kesenian tradisi, yang sudah tergerus oleh peradaban digital.
 
“Apabila tidak diuri-uri (dihidupkan), maka anak cucu dan generasi selanjutnya tidak akan bisa menikmati seni tradisi,” terang Cak Nonot, sapaan akrabnya.
 
Festival Sunan 2019 PW Lesbumi NU Jatim diselenggarakan untuk memahami bahwa wali songo dalam berdakwa menggunakan pendekatan budaya lokal sebagai magnet dalam menjalankan dakwah.
 
Lebih lanjut dikemukakan bahwa festival merupakan agenda tahunan. Dengan demikian dari tahun ke tahun juga diselenggarakan muskipun dengan formal dan jenis kegiatan yang beragam. 
 
“Acara ini diselenggarakan PW Lesbumi NU Jatim dengan harapan seni dan budaya Jawa Timur tidak lagi pudar oleh peradaban digital sehingga bisa disandingkan konsep seni tradisi dan konsep digital,” ungkapnya.
 
Sementara itu Nasar Al- Batati selaku ketua panitia pelaksana menambahkan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan pada kegiatan ini.
 
“Dari mulai pameran lukis, pameran keris, diskusi sastra, diskusi seni rupa perform kelompok teater dan juga musikalisasi puisi,” jelasnya.
 
Selain itu, juga digelar orasi budaya oleh para tokoh di antaranya orasi budaya oleh Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar, KH Reza Ahmad Zahid, dan masih banyak lagi. Hadir juga Gus Binhad Nurrohmad, serta Heti Palestina.
 
Pantauan NU Online, suasana lokasi Festival Sunan sudah sangat terasa. Sejumlah properti telah terpasang demi mendukung kegiatan yang akan dihadiri banyak kalangan tersebut. Pihak panitia memastikan bahwa seluruh persiapan telah rampung dan siap menggelar kegiatan sesuai agenda yang ditetapkan.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG