PP IPNU Selenggarakan Makesta Unggulan Sekolah Negeri di Tiga Kabupaten

PP IPNU Selenggarakan Makesta Unggulan Sekolah Negeri di Tiga Kabupaten
Ketua PP IPNU Bidang Jaringan Sekolah M Abu Hasan Asy'ari di Pondok Pesantren Nasrul Ummah, Kudus, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Syakir NF)
Ketua PP IPNU Bidang Jaringan Sekolah M Abu Hasan Asy'ari di Pondok Pesantren Nasrul Ummah, Kudus, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Syakir NF)
Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) memanfaatkan masa liburan semester gasal dengan menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Unggulan di sekolah-sekolah negeri di tiga kabupaten, yakni Jepara, Kudus, dan Demak. 
 
Kegiatan tersebut digelar sejak Selasa hingga Ahad (24-29/12) secara beruntut. Hal itu dilakukan dalam rangka mengawal nilai-nilai keislaman dan kebangsaan di kalangan pelajar pada sekolah-sekolah negeri.
 
Ketua PP IPNU Bidang Jaringan Sekolah M Abu Hasan Asy’ari menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan pilot project (percontohan) sebagai langkah awal serius PP IPNU kembali ke sekolah. “Ini adalah pilot project awal dari keseriusan PP IPNU back to school dengan memberikan penguatan wawasan kebangsaan dan pemahaman keislaman yang rahmatan lil alamin kepada pelajar,” terangnya.
 
Kegiatan tidak saja diisi dengan beragam materi yang berkaitan dengan pengembangan wawasan pada dua bidang di atas saja, tetapi juga dipadu dengan pengelolaan forum dan kegiatan bermain sehingga para peserta merasa lebih nyaman dan senang.
 
Abu Hasan menyebut bahwa kegiatan Makesta Unggulan ini adalah bentuk keseriusan IPNU untuk mencegah menjamurnya bibit radikalisme pada tunas-tunas bangsa yang dalam beberapa waktu ini menurut sejumlah penelitian terus meningkat.

“Ini adalah bagian dari bentuk IPNU menangkal radikalisme yang semakin hari semakin masif pergerakannya di sekolah-sekolah negeri,” jelasnya.
 
Pasalnya, kata Abu, sekolah-sekolah negeri yang favorit terutama menjadi target penyebaran benih-benih radikalisme mengingat di sanalah terdapat generasi bangsa cerdas yang bakal melanjutkan studinya di perguruan tinggi terbaik. Selanjutnya, mereka bakal terdistribusi dalam pos-pos jabatan penting di pemerintahan.
 
Oleh karena itu, IPNU fokus untuk mengader para pelajar di sekolah-sekolah negeri mengingat potensi besarnya butuh wadah yang tepat untuk mengaktualisasikan kemampuan mereka. “Harus segera difokuskan karena banyak sekali potensi besar dari para pelajar SMAN yang butuh diwadahi IPNU,” katanya.
 
Makesta ini, harapannya, mampu memberikan semangat dan kontribusi pemikiran positif bagi pelajar dalam mewujudkan perannya sebagai generasi penerus bangsa kelak. 
Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diambil dari perwakilan siswa-siswi terbaik sekolah negeri unggulan di masing-masing kabupaten. Mereka didampingi oleh tim instruktur PP IPNU dan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.
 
Pewarta: Syakir NF
Editor: Muhammad Faizin
BNI Mobile