HAUL GUS DUR 2019

Ki Ageng Ganjur Hibur Ribuan Hadirin Haul Gus Dur Kesepuluh

Ki Ageng Ganjur Hibur Ribuan Hadirin Haul Gus Dur Kesepuluh
Dua vokalis grup musik Ki Ageng Ganjur di Haul Ke-10 Gus Dur di Ciganjur (Foto: NU Online/Syakir)
Dua vokalis grup musik Ki Ageng Ganjur di Haul Ke-10 Gus Dur di Ciganjur (Foto: NU Online/Syakir)
Jakarta, NU Online
Grup Musik Ki Ageng Ganjur menghibur ribuan muhibbin KH Abdurrahman Wahid yang memadati kediamannya di Ciganjur, Jakarta Selatan, dalam rangka Haulnya yang Kesepuluh, pada Sabtu (28/12).

Grup Musik yang digawangi oleh Ngatawi Al-Zastrouw itu menyanyikan lantunan shalawat Nahdliyah. Para pengagum Gus Dur itu pun turut bershalawat bersama.

Zastrouw menyampaikan bahwa grup musik Ki Ageng Ganjur didirikan oleh Gus Dur pada tahun 1996. Hal ini juga menunjukkan sisi kebudayaan Gus Dur. Karenanya, haul Gus Dur tahun ini mengangkat tema Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan.

Ki Ageng Ganjur ini merupakan grup musik yang memadukan musik tradisional dan modern dengan lagu-lagu islami yang dibawakannya.

Tak ayal, Ketua Panitia Haul Kesepuluh Gus Dur Inayah Wahid menyebut bahwa pemikiran kebudayaan Gus Dur masih relevan sehingga menjadi referensi bagi para pelaku kebudayaan.

“Gagasan dan konsep kebudayaan Gus Dur telah menjadi rujukan penting bagi para pemikir dan pelaku budaya. Sehingga menempatkan Gus Dur pula sebagai seorang advokat budaya karena komitmennya membela kebudayaan yang tersingkirkan, “ kata Inaya Wahid pada Sabtu (28/12).

Selain shalawat Nahdliyah, Ki Ageng Ganjur juga membawakan lagu Padang Bulan yang dianggit oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya. Sebagaimana sebelumnya, para hadirin juga turut bersama penyanyi melantunkan lagu tersebut.

Selain Ki Ageng Ganjur, malam puncak Haul Kesepuluh Gus Dur juga akan dihibur oleh para artis, seperti Kartolo, Ery Susan, Mamat Al-Katiri, Akbar, dan lainnya.

Di samping itu, kegiatan ini juga diisi dengan tahlil bersama yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar. Sementara itu, ceramah akan disampaikan oleh sahabat karib Gus Dur yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah, yakni KH Ahmad Mustofa Bisri.

Malam puncak Haul Kesepuluh Gus Dur ini dihadiri oleh Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Tata Ruang dan Agraria Sofyan Djalil, Menteri Agama 2015-2019 Lukman Hakim Saifuddin, Alwi Shihab, KH Husein Muhammad, dan para tokoh lainnya.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile