IMG-LOGO
Daerah

Peduli Lingkungan, Ansor di Sidoarjo Bagikan Ribuan Bibit Pohon 


Senin 30 Desember 2019 12:00 WIB
Bagikan:
Peduli Lingkungan, Ansor di Sidoarjo Bagikan Ribuan Bibit Pohon 
Penanaman bibit pohon produktif dengan melibatkan Banser dan Fatayat NU, serta warga kawasan Sukodono, Sidoarjo, Jatim. (Foto: NU Online/Yuli R)
Sidoarjo, NU Online
Sebagai wujud kepedulian pada kelestarian lingkungan dan juga mendorong kesadaran masyarakat untuk menanam pohon di masa mendatang, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur menggelar bakti sosial atau Baksos. Hal tersebut dibuktikan dengan penaman dan pembagian ribuan bibit pohon di kawasan setempat.
 
Sebanyak 2500 bibit pohon produktif telah dibagikan dan tersebar di dua belas desa. Kegiatan ini hasil sinergi antara Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia sebagai pemilik program yang mempercayakan kepada Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur untuk membagikan bibit pohon kepada masyarakat.
 
Bibit pohon yang dibagikan di antaranya mangga, alpukat, anggur, klengkeng, sirsak, sukun, rambutan, jati, kelor dan lainnya. Sosialsasi perihal program pembagian ribuan bibit gratis ini PAC GP Ansor Sukodono dibantu oleh pendamping desa setempat untuk menginformasikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) dampingannya. Selanjutnya pihak Pemdes yang memfasilitasi teknis pembagian bibit pohon tersebut kepada warga.
 
M Syadid menyampaikan bahwa tujuan baksos ini sebagai wujud kepedulian PAC Ansor dan Satkoryon Banser Sukodono terhadap lingkungan.  
 
“Kami menyampaikan terima kasih kepada kementrian lingkungan hidup yang telah memberikan bantuan  bibit pohon gratis melalui PW GP Ansor Jawa Timur kemudian diteruskan kepercayaannya kepada kami,” kata Kepala Satkoryon Banser tersebut mewakili Ketua PAC GP Ansor Sukodono.
 
Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada pendamping desa di Kecamatan Sukodono yang telah membantu sosialisasi program pembagian bibit pohon gratis ini ke Pemdes dampingannya. 
 
“Harapan ke depan semoga hasil penanaman bibit pohon ini bisa dinikmati warga Sukodono dan baksos ini bisa merambah ke kegiatan lain seperti bersih-bersih sungai dan masjid serta mushala di Sukodono,” harapnya.
 
Penanaman ratusan bibit pohon yang dilaksanakan PAC GP Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Bantuan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sukodono, Ahad (29/12). Kegiatan berlokasi di dua desa dengan melibatkan warga, PAC Fatayat NU Sukodono dan pemuda desa. Tepatnya di wilayah Rukun Tetangga (RT) 010 Rukun Warga (RW) 004, Desa Plumbungan dan RT 026 RW 006 Desa Cangkringsari.
 
“Terimakasih Ansor yang telah peduli terhadap lingkungan dengan membagikan bibit gratis untuk warga Desa Plumbungan, semoga hasilnya nanti bisa dinikmati oleh warga,” kata Sekretaris Pemdes Plumbungan, Dahriya Syukria.
 
Ketua PAC Fatayat NU Sukodono, Dewi Maulidatul Rokmah merasa senang  bisa bersinergi dengan PAC GP Ansor Sukodono dalam baksos ini.
 
”Semoga baksos ini juga sebagai upaya melakukan penghijauan dan pemanfaatan lahan kosong, dimana saat ini udara semakin panas mungkin karena kurangnya penghijauan,” katanya. 
 
Apresiasi juga disampaikan oleh Suhantiyo, Ketua RT 026 RW 012.
 
“Kami warga RT 026 menyampaikan terimakasih atas penanaman bibit pohon oleh GP Ansor, semoga bisa bermanfaat bagi kesejahteraan warga kami,” ujarnya.
 
Ketua Ranting NU Cangkringsari, H Abdul Hadi menyampaikan bangga dengan PAC GP Ansor Sukodono.
 
”Saya ikut bangga dengan PAC GP Ansor Sukodono yang telah melakukan penghijauan dengan membagikan dan menanam bibit pohon di desa kami,” tutur Abah Hadi yang juga perangkat Desa Cangkringsari ini. 
 
 
Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG