IMG-LOGO
Daerah

Jember Siap Geber Koin Muktamar NU


Selasa 31 Desember 2019 07:00 WIB
Bagikan:
Jember Siap Geber Koin Muktamar NU
Ketua PC LAZISNU Jember, Achmad Fathor Rosyid saat menyerahkan dana operasional untuk NU Cabang Jember yang diterima oleh bendahara Sofyan Tsuari. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Ketua Pengurus Cabang LAZISNU Jember, Jawa Timur, Achmad Fathor Rosyid menegaskan pihaknya siap menggeber Koin Muktamar NU secepatnya. Pengumpulan uang melalui kaleng itu diperlukan untuk membiayai Muktamar NU di Lampung tahun depan. Hajatan NU lima tahunan itu membutuhkan dana yang cukup besar karena diikuti oleh pengurus cabang dan wilayah dari seluruh Indonesia.

 

“Sesuai dengan hasil Raker (rapat kerja) PW LAZISNU di Blitar 4 hari lalu, Koin Muktamar memang menjadi agenda yang harus dijalankan oleh pengurus cabang,” ujarnya kepada NU Online di sela-sela kegiatan lailatul ijtima’ di aula gedung PCNU Jember, Senin (30/12) malam.

 

Menurut Dosen IAIN Jember itu, sesuai dengan arahan dalam rapat kerja PW LAZISNU di Blitar, bahwa pembiayaan Muktamar NU dilakukan dengan swadaya itu dimaksudkan untuk meningkatkan kemandirian NU dalam menggelar muktamar. Dikatakannya, ide swadaya dalam menggelar acara sangat positif bagi NU untuk mengasah kemandirian NU.

 

“Alhamdulillah, NU Jember sudah melakukan itu (swadaya pembiayaan), misalnya dalam peringatan hari santri tahun ini. Kita sudah mandiri penuh, tidak menerima bantuan dari pemerintah. Dana sepenuhnya ditanggung pengurus dan warga NU. Dan acara itu (peringatan hari santri) sukses luar biasa,” terangnya.

 

Di sela-sela lailatul ijtima’ itu, PC LAZISNU Jember menyerahkan dana operasional untuk PCNU Jember sebesar Rp 1 juta yang diterima langsung oleh bendahara Sofyan Tsauri. Menurut Rosyid, dana operasional idealnya memang harus ada, baik untuk pengurus cabang, MWCNU, dan bahkan Ranting NU. Sebab dana itulah yang akan menggerakkan roda organisasi.

 

“Agar roda organisasi berjalan, memang harus ada dana, minimal untuk bayar listrik, air dan sebagainya,” tuturnya.

 

PC LAZISNU Jember dalam setiap momen acara NU, selalu menyerahkan bantuan untuk anak yatim, janda, dan atau beaiswwa. Dua pekan lalu saat Pengurus Cabang LDNU Jember menggelar Gema Shalawat di Gumukbago, PC LAZISNU memberikan santunan untuk 30 orang dhu’afa.

 

“Kita berusaha dalam setiap momentum acara NU, dana LAZISNU kita keluarkan. Ini juga untuk syiar sekaligus laporan kepada para penyumbang Koin NU,” pungkasnya.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG