IMG-LOGO
Daerah

Gerak Cepat LPBINU Banten Bantu Korban Banjir Bandang di Lebak


Kamis 2 Januari 2020 14:30 WIB
Bagikan:
Gerak Cepat LPBINU Banten Bantu Korban Banjir Bandang di Lebak
Relawan NU Peduli korban banjir bandang di Lebak, Banten sedang mengevakuasi warga terdampak. (Foto: Dok. Tim NU Peduli)
Lebak, NU Online
Pengurus Wilayah Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama Provinsi Banten gerak cepat membantu warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Sajira, Lebak Banten, Kamis (2/1).

Setibanya di lokasi banjir pada pukul 08.02 pagi, relawan LPBI langsung bergabung dengan masyarakat membersihkan reruntuhan bangunan serta warga yang membutuhkan pertolongan secara cepat.
 
Ketua LPBINU Banten Sehabudin menuturkan titik yang menjadi tempat kegiatan Bakti Sosial oleh LPBINU Banten di Sajira Mekar, kawasan penziarahan Prabu Dalem Wong Sagati.
 
Menurutnya, relawan memberikan bantuan berupa mie instan dan kebutuhan pokok lain bagi warga yang mengungsi.

Selain itu, LPBI Banten membantu lansia yang kesulitan berjalan di daerah terdampak banjir. Kemudian, relawan LPBI Banten ikut bersama masyarakat membersihkan sisa reruntuhan bangunan akibat banjir kemarin pagi.
 
"Mudah-mudahan saudara kita diberikan kesabaran dan ketabahan. Kami sebisa mungkin insyallah membantu," tutur Sehab kepada NU Online, Kamis (2/1).
 
Ia bersyukur kondisi di kawasan terdampak banjir sudah mulai kondusif dan tidak ada korban jiwa. Meski begitu, rumah-rumah warga di Sajira rata dengan tanah sehingga masyarakat harua mengungsi.

Seperti diketahui, banjir bandang dan longsor melanda wilayah Kabupaten Lebak, Tangerang, dan Serang Banten. Ribuan warga terpaksa mengungsi di sejumlah tempat seperti rumah ibadah, majelis taklim, gedung sekolah dan perkantoran.

Berdasarkan data dari Tim NU Peduli Kabupaten Lebak, banjir terjadi di empat kecamatan, 12 desa yakni di desa-desa yang berada di bantaran Sungai Ciberang. Selain di Kecamatan Cipanas, banjir bandang yang melanda 12 desa tersebut yaknidi Kecamatan Lebak Gedong, Kecamatan Curug Bitung dan Kesamatan Sajira.

Tercatat tidak ada korban jiwa. Meski begitu infrastuktur berupa jembatan yang menghubungkan Kecamatan Cipanas-Muncang terputus.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG