Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Tingkatkan Minat Literasi Milenial, Ansor di Subang Buka Perpustakaan Keliling

Tingkatkan Minat Literasi Milenial, Ansor di Subang Buka Perpustakaan Keliling
Perpustakaan Keliling PAC Ansor Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat. (Foto: NU Online/Ade Mahmudin)
Perpustakaan Keliling PAC Ansor Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat. (Foto: NU Online/Ade Mahmudin)
Subang, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat membuka Perpustakaan Keliling ke sejumlah wilayah.
 
Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) kegiatan, Zidan Alfadlu, bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan minat literasi atau minat baca dan tulis, khususnya bagi para generasi muda dan milenial. 
 
"Umumnya juga untuk masyarakat secara luas. Kami hadir untuk meningkatkan minat baca masyarakat," ujar Zida yang ditemui di lokasi baca buku gratis di sekitaran Perum Sang Hyang Sri Sukamandi, Ahad (5/1).
 
Sejumlah buku yang berada di Perpustakaan Keliling itu bisa dibaca dengan gratis oleh masyarakat. Kegiatan yang sudah berlangsung dalam satu tahun terakhir ini dilakukan dua kali dalam satu bulan, tepatnya pada Minggu awal dan akhir.
 
Dikatakan, lokasi kegiatan tersebut berpindah-pindah, sesuai dengan jadwal yang telah dibuat yang mencakup wilayah Kecamatan Ciasem dan Blanakan.
 
"Kadang dari madrasah yang satu ke madrasah yang lain. Termasuk masjid dan fasilitas umum lainnya," ujarnya.
 
Buku-buku yang disiapkan, kata Zidan, semuanya milik Yayasan Assalafiyah Ciasem dan berasal dari wakaf para dermawan mencakup buku-buku tentang sains, politik, agama, anak-anak, dan buku umum.
 
"Karena kami menyadari bahwa minat baca masyarakat hari ini masih rendah. Untuk itu kami manfaatkan buku-buku di Yauasan Assalafiyah dan wakaf para dermawan untuk kepentingan masyarakat secara umum," jelasnya. 
 
Pihaknya juga mengajak kepada segenap masyarakat terutama para komunitas lainnya untuk bergabung bersama-sama dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan membaca. 
 
"Insyaallah apa yang kami dedikasikan semuanya untuk kemaslahatan masyarakat. Jangan ragu dan jangan malu untuk hadir ke tempat ini dan manfaatkan untuk membaca biar makin cerdas," paparnya. 
 
Terpisah, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Ciasem, Emas Purwanugraha mengapresiasi atas dedikasi yang dilakukan jajarannya itu. Ia berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi kader-kader GP Ansor yang lain untuk aktif terlibat dalam rangka membangun berbakti kepada bangsa dan negara. 
 
"Untuk mengabdi kepada negara tidak harus dengan hal-hal yang besar. Selagi kita mampu untuk memberikan kontribusi positif untuk masyarakat, ya lakukanlah. Karena mengabdi kepada bangsa dan negara bagian dari visi misi GP Ansor itu sendiri," pungkasnya. 
 
Kontributor: Ade Mahmudin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile