Pesantren Irsyadul Ibad Lampung Timur Terbakar, Warga NU Galang Donasi

Pesantren Irsyadul Ibad Lampung Timur Terbakar, Warga NU Galang Donasi
Puing-puing sisa kebakaran di Pesantren Irsyadul Ibad Lampung Timur (Foto: Istimewa)
Puing-puing sisa kebakaran di Pesantren Irsyadul Ibad Lampung Timur (Foto: Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Musibah kebakaran terjadi di Pondok Pesantren Irsyadul Ibad Dusun I RT 03 Mekarsari, Pasir Sakti, Lampung Timur pada Senin (6/1). Diduga kebakaran terjadi akibat konsleting listrik dan memercikkan api yang mengakibatkan puluhan bangunan asrama hangus terbakar.
 
Pasca musibah ini keluarga besar NU Lampung di berbagai tempat melakukan penggalangan bantuan sebagai wujud solidaritas untuk meringankan beban pesantren. Di antaranya digalang oleh alumni Madrasah Kader NU angkatan ke-200.
 
"Secara spontanitas para alumni MKNU 200 Gowais melakukan penggalangan dana untuk membantu yang terkena musibah kebakaran. Para alumni antusias mendermakan hartanya untuk membantu pondok tersebut," kata koordinator penggalangan bantuan Hamdan In'ami kepada NU Online, Selasa (7/1).
 
Sampai dengan saat ini sudah terkumpul dana sebesar 10 juta rupiah yang dikumpulkan melalui transfer rekening. "Penggalangan dana dikumpulkan ke rekening salah satu panitia MKNU Gowais ke-200 yakni KH Imam Syibawaih," tambahnya.
 
Selain itu bantuan juga terus mengalir dari para alumni MKNU dan pesantren-pesantren lain serta para alumni. Bukan hanya dalam bentuk dana, keluarga besar NU di Lampung juga memberi bantuan berupa barang seperti sarung, kopiah, dan sejenisnya.
 
Selain dari Lampung Timur, bantuan juga diberikan dari luar kabupaten seperti dari Kabupaten Pringsewu. Para guru ngaji dan pesantren melakukan penggalangan dana yang dikoordinir oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu.
 
Menurut Bendahara LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto, bantuan ini merupakan wujud kepedulian terhadap bencana dan musibah yang terjadi di Lampung. Walau berada di lain kabupaten, LAZISNU Pringsewu tetap komit membantu sesama tanpa melihat jarak dan lokasi.
 
"Pengumpulan donasi kita lakukan sampai tanggal 10 Januari 2020 dan akan didistribusikan ke lokasi paling lambat tgl 15 Januari 2020," terang Kabul.
 
Bantuan juga bisa ditransfer melalui: BMT NU PRINGSEWU 03-04-00001, BMT ARTA BUANA 0306001334, BRI 035801016988536, dan BNI SYARIAH 0791720380. Untuk konfirmasi transfer menghubungi Hot Line HP/WA di 085269607010.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile