Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Inilah Rangkaian Semarak Harlah NU Ke-94 Provinsi Sumatera Utara

Inilah Rangkaian Semarak Harlah NU Ke-94 Provinsi Sumatera Utara
Panitia Harlah NU Provinsi Sumatera Utara (Foto: Istimewa)
Panitia Harlah NU Provinsi Sumatera Utara (Foto: Istimewa)
Jakarta, NU Online
Nahdlatul Ulama pada akhir Januari 2020 nanti genap berusia 94 tahun. Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara meminta Nahdliyin di wilayahnya untuk menyemarakkan hari lahir ormas keagamaan terbesar di Indonesia ini.
 
Ketua Panitia Harlah Ke-94 NU di Sumatera Utara Khairuddin Hutasuhut mengatakan, instruksi ini berlaku untuk seluruh pengurus NU dari anak ranting hingga Pengurus Cabang NU serta pengurus 14 lembaga dan 18 badan otonom NU dari cabang hingga ranting, serta warga NU di kabupaten/kota se-Sumatera Utara pada umumnya.
 
“Tujuan rangkaian kegiatan ini adalah memohon pertolongan kepada Allah agar keluarga, masyarakat dan bangsa kita hidup aman, damai, makmur, dan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, di mana kegiatan tersebut di antaranya mendoakan para ulama, pejuang, syuhada shalihin yang merupakan perintis kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Hutasuhut didampingi Sekretaris Panitia Muslim Pulungan, di Kantor PWNU Sumut, Senin (6/1).
 
Hutasuhut juga menyebutkan bahwa pelaksanaan puncak Harlah nantinya akan dilaksanakan di kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU), Jalan H A Manaf Lubis No.2, Tj. Gusta, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara.
 
Di tempat terpisah, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Utara H. Syahrial Tambunan menyampaikan bahwa sebagai hamba Allah, harus senantiasa bermunajat dan berdoa agar bangsa ini selalu diberikan keselamatan, keberkahan, kesejahteraan, dan kebaikan, serta Allah memberikan perlindungan terhadap kelestarian paham Ahlussunnah wal Jamaah yang telah mengukuhkan dan meneguhkan bangsa Indonesia selama ini.
 
Selanjutnya diinformasikan bahwa puncak peringatan Harlah NU Ke-94 akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2020 sampai 1 Februari 2020 dengan rangkaian final perlombaan tingkat provinsi, istighotsah dan doa untuk bangsa. Pembagian hadiah dan tabligh akbar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga akan mewarnai Harlah tersebut.
 
Adapun beberapa kegiatan yang bakal dihelat antara lain:
1. Istighotsah dan pertemuan alim ulama 
2. Ziarah kepada tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama 
3. Kunjungan ke pesantren dan tabligh akbar
4. Gerakan pengibaran 1000 bendera dan spanduk Nahdlatul Ulama
5. Lomba qira’atul kutub
6. Lomba kaligrafi kreasi logo Nahdlatul Ulama
7. Lomba tahfiz Juz 30 untuk anak-anak
8. Lomba Mars Syubbanul Wathan
9. Lomba marhaban
10. Lomba membuat video pendek sketsa “Aku Bangga menjadi Warga Nahdlatul Ulama”
11. Lomba pidato melalui video pendek mengenai ke-NU-an dan keaswajaan
12. Lomba karya tulis artikel / opini mengenai ke-NU-an dan keaswajaan 
13. Lomba takhtim-tahlil
14. Pelatihan pengurusan mayit
15. Silaturrahim dan dialog muballigh muda Nahdlatul Ulama
 
Pewarta: Syakir NF
Editor: Muhammad Faizin
BNI Mobile