NU Peduli Salurkan Bantuan 300 Family Kit dan Paket Alat Kebersihan

NU Peduli Salurkan Bantuan 300 Family Kit dan Paket Alat Kebersihan
Wakil Ketua LAZISNU M Wahib Emha (tengah) dan Nur Rachman (kedua dari kanan) di PWNU DKI Jakarta, Kamis (9/1). (Foto: NU Online/Syakir NF)
Wakil Ketua LAZISNU M Wahib Emha (tengah) dan Nur Rachman (kedua dari kanan) di PWNU DKI Jakarta, Kamis (9/1). (Foto: NU Online/Syakir NF)

Jakarta, NU Online

NU Peduli menyalurkan 300 family kit dan paket alat-alat kebersihan ke wilayah terdampak banjir di Karawang dan Bogor di Jawa Barat dan Lebak di Banten, Kamis (9/1).

 

Paket bantuan tersebut merupakan donasi dari konsumen Alfamart. Tim NU Peduli, M Wahib Emha menyampaikan bahwa penanggulangan bencana itu harus dari tiga pihak, yakni pemerintah, masyarakat, dan perusahaan.

 

"Ini kerjasama antarunsur masyarakat dan dunia usaha," katanya kepada NU Online di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

 

Wahib berharap agar bantuan tidak digulirkan hanya pada masa-masa darurat saja, tetapi juga berlanjut di masa pemulihan pascabencana. Sebab, justru pemulihan kondisi masyarakat korban banjir, tak jarang terabaikan.

 

"Harapannya tidak saja pas darurat. Tapi juga pascabencana, rehabilitasi rekonstruksi pembangunan pendidikan pesantren, juga perlu" lanjutnya.

 

Terlebih lagi di Lebak terdapat belasan pesantren yang hanyut dan 20-an lagi rusak berat. Hal itu belum termasuk hunian masyarakat yang juga banyak rusak dan hanyut diterjang banjir. Mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari siapa saja.

 

Wakil Ketua Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) itu mengatakan dalam penanggulangan pascabencana ini, perlu program kelanjutan agar roda ekonomi masyarakat bergerak.

 

Sementara itu, Coorporate General Manager PT Sumber Alfaria, Trijaya Nur Rachman mengatakan bahwa penyaluran bantuan melalui NU Peduli merupakan kelanjutan kerjasama dengan NU Care-LAZISNU.

 

"Kita sudah ada kerjasama dengan LAZISNU NU Peduli. Yayasan yang ditunjuk harus pro aktif," ujarnya.

 

Ia menyampaikan bahwa hasil penggalangan donasi konsumen yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat dikelola oleh LAZISNU.

 

"Pihak LAZISNU sudah berkoordinasi dengan posko. Alfamart menyesuaikan dengan masyarakat tersebut," katanya.

 

Sebelumnya, bantuan konsumen juga disalurkan dalam bentuk makanan siap saji, seperti beras, air mineral, dan sembako.

 

Pewarta: Syakir NF

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile