Berbasis Teknologi Informasi, Madrasah Milik Ketua GP Ansor Kota Tasikmalaya Dapat Penghargaan

Berbasis Teknologi Informasi, Madrasah Milik Ketua GP Ansor Kota Tasikmalaya Dapat Penghargaan
Seorang guru melakukan absensi daring di Madrasah Al-Hikmah Kota Tasikmalaya (Foto: NU Online/A. Arif)
Seorang guru melakukan absensi daring di Madrasah Al-Hikmah Kota Tasikmalaya (Foto: NU Online/A. Arif)
Tasikmalaya, NU Online 
Dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah di Kota Tasikmalaya, MA Informatika Al-Hikmah Tamansari menginisiasi sekolah berbasis Teknologi Informasi. Kepala Madrash Ricky Assegaf mengatakan, kita bukan lagi uji coba, tapi sudah dipatenkan karena sudah berjalan beberapa tahun ke belakang.

"Madrasah terkadang dipandang sebelah mata. Hal itu memacu kita untuk terus berbenah sejalan dengan perkembangan saat ini, khususnya pemanfaatan teknologi" ujar Ketua PC Ansor Kota Tasikmalaya, Jumat (10/1) saat ditemui di kediamannya.

Masih menurutnya, MA Al-Hikmah ingin memberikan wajah madrasah yang maju dan modern. Bahkan di samping membina akhlak, juga ke depan bukan sekadar teknis saja, tetapi juga menuju manajemen dan ekosiatem bisnisnya pun kita ajarkan.

Diamini oleh Wakamad Kurikulum Suci Noerbayani, ia mengatakan MA Al-Hikmah saat ini hampir semuanya sudah online, termasuk absensi dan ujian.

"Absensi dan penilaian sudah menggunakan android para guru. Alhamdulillah kita juga dapat penghargaan atas penyelenggaran PAS online dari Kemenag Kota Tasik," tuturnya.

Ke depan, kita siapkan untuk penugasan dan kontrol orang tua hanya lewat aplikasi iSekolah. Jadi semua terintegrasi antara guru, murid dan orang tuanya.

Kamis pagi (10/1), Abidin Solihin sebagai pengawas madrasah dan mewakili Kemenag menyerahkan penghargaan atas terselenggaranya PAS Online untuk jenjang Madrasah Aliyah.

Ia meyampaikan, penghargaan tersebut untuk memotivasi Al-Hikmah agar terus berinovasi, dan menciptakan madrasah yang lebih baik.

Diketahui, MA Al-Hikmah sudah menggunakan sistem Informasi Sekolah yang mengintegrasikan seluruh bidang, termasuk rancangan rekayasa sistem terkoneksi antarsatuan pendidikan dalam satu yayasan dalam satu database. 

Kontributor: A. Arif
Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile