Peduli Bencana, NU Jepara Buka Pos Siaga Bencana

Peduli Bencana, NU Jepara Buka Pos Siaga Bencana
Ketua PC LPBINU Jepara, Asyhadi (tiga dari kiri) (Foto: NU Online/Syaiful Mustaqim)
Ketua PC LPBINU Jepara, Asyhadi (tiga dari kiri) (Foto: NU Online/Syaiful Mustaqim)
Jepara, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara, Jawa Tengah KH Hayatun Abdullah Hadziq menyatakan, program 'Posko Peduli Bencana' merupakan bentuk kepedulian PCNU kepada warga masyarakat khususnya warga nahdliyin. 
 
"Ketika terjadi bencana yang terdampak adalah warga kita juga. Selain itu, juga untuk mengkoordinasikan antar Banom dan Lembaga NU supaya tidak bergerak sendiri-sendiri, semuanya satu komando untuk kemanusiaan," tuturnya. 

Kepada NU Online, Jumat (10/1) Kiai yang akrab disapa Mbah Yatun menambahkan, dengan program tersebut harapannya semua bisa bersinergi secara internal dan sinergi dengan pemerintah mulai dari tingkat desa sampai dengan kabupaten dan stakeholder terkait sehingga masyarakat yang terdampak bencana mendapatkan perhatian. 
 
"Posko ini kan untuk membangun sinergitas agar ada kekompakan di internal NU, sehingga bisa berjalan dengan baik di bawah satu komando," ujarnya.
 
Dikatakan, Pos Siaga Bencana resmi dibuka mulai 5 Januari sampai akhir Februari mendatang. Adapun basecamp pos siaga berada di Gedung NU Jepara, Jalan Pemuda No. 51 Jepara.
 
Komandan Pos Siaga Bencana, Asyhadi mengatakan meski baru 5 hari berjalan pihaknya sudah terlibat membantu penanganan bencana di Jepara di antaranya pohon tumbang akibat angin, rumah roboh dll. 

Asyhadi yang juga Ketua LPBINU Jepara ini menjelaskan, secara internal program sinergi antara PCNU bersama Banom dan Lembaga NU yang terkait seperti LPBINU, LP Ma'arif NU, Lazisnu dan lainnya. 
 
"Untuk eksternal kita bermitra dengan BPBD Kabupaten Jepara yang memiliki tugas dan fungsi penanggulangan bencana di Jepara," imbuhnya. 
 
Dia menambahkan apabila tiba-tiba terjadi musibah pihaknya mengemukakan karena NU memiliki struktural sampai di tingkat Ranting maka komunikasi awal ada di tingkat Ranting untuk melakukan assesment. 
 
"Selanjutnya jika dibutuhkan bantuan yang lebih besar maka bisa menghubungi komandan pos siaga bencana," terangnya. 
 
Untuk memudahkan koordinasi dengan pihak terkait, dirinya melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara didampingi Kalakhar BPBD dan FPRB Jepara. 
 
Audiensi dilaksanakan terkait Pos Siaga Bencana tahun 2020 PCNU Jepara mendapat respons baik dan Sekda Jepara, Edy Sujatmiko mengapresiasi pos siaga bencana PCNU. 
 
"Ini merupakan sinergi antara pemerintah dengan stakeholder yang ada berjalan dengan baik untuk menghadapi semua kemungkinan terkait bencana yang ada di Jepara," pungkasnya. 
 
Kontributor: Syaiful Mustaqim
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile