IMG-LOGO
Daerah

Polres dan Pemkot Banjar Tanam 38.655 Pohon


Ahad 12 Januari 2020 16:15 WIB
Bagikan:
Polres dan Pemkot Banjar Tanam 38.655 Pohon
Wali Kota Bajar, Anggota Polres banjar, Polhutan, Satpol PP, dan Kadinsos Banjar berpose usai penanaman puluhan ribu pohon di daerah tersebut. (Foto: NU Online/Wahyu)
Kota Banjar, NU Online
Polres Banjar bersama Pemerintah Kota Banjar dan Perum Perhutani KPH Ciamis, BKPH Banjar Selatan, RPH Banjar mengadakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia.

Peringatan tersebut ditandai dengan kegiatan penanaman sebanyak 38.655 bibit pohon di area lahan Perhutani petak 70 c dengan luas sekitar 26,05 H wilayah Hutan Gunung Sangkur Blok Cijurey Desa Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar Jawa Barat, Jum'at (10/1).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih. Atas nama pribadi dan Pemkot Banjar, ia sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman pohon di Gunung Sangkur.

Selaku orang yang dituakan di Kota Banjar, dirinya mengharapkan kegiatan tersebut dapat berdampak baik bagi kelestarian alam khususnya di Kota Banjar. Di antaranya kualitas oksigen bagus dan stok air tetap tersedia.

"Mudah-mudahan dengan gerakan penanaman pohon ini, lingkungan Kota Banjar, kedepan lebih asri lagi, oksigennya banyak, dan sumber cadangan air semakin melimpah," harapnya.

Kegiatan penanaman pohon bertema "Polri Peduli Penghijauan" tersebut merupakan program dari Kapolri, sebagai wujud kepedulian aparat kepolisian di masing-masing wilayah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan menyelamatkan dari pemanasan global (global warming) serta bencana alam lainnya. 

Wakil Kepala Polres Banjar Kompol Ade Najmulloh, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Kota Banjar ini menjadi lebih asri dengan menanam pohon di lingkungan sekitar tempat tinggal. 

"Mari kita bersama-sama menjadikan Kota Banjar ini, menjadi lebih asri, sejuk, rindang, dan nyaman lagi", ajaknya.

Selanjutnya, dengan adanya program Polri Peduli Penghijauan ini, diharapkan cadangan sumber air, oksigen (udara), yang kelak diwariskan kepada anak cucu kita bisa lebih baik dan bagus lagi.

Selain itu, Wakapolres Banjar Kompol Ade Najmulloh menambahkan bahwa jenis-jenis  pohon yang  ditanam dalam kegiatan penghijauan tersebut berupa pohon Jati, kosambi, dan buah-buahan, sehingga jika tumbuh besar dapat menjadikan perubahan di lingkungan ini.

"Semua tanaman sudah diberi tanda mari kita lihat perkembangannya nanti. Dan jangan lupa  setelah ditanam, dirawat dan dipelihara dengan baik", imbuhnya.

Kegiatan yang dipusatkan di Cikeas Kabupaten Bogor, Polres Banjar mengirimkan bibit pohon unggulan dari Banjar ke Bogor Cikeas sebanyak 50 pohon blimbing madu dan rambutan batulawang yang akan ditanam oleh jajaran Polda Jabar serta Mabes Polri.

Sementara itu, ADM Perhutani KPH Ciamis, Jerry P Nugroho menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada semua pihak, khususnya Jajaran Polres Banjar yang sudah melakukan dan menggagas kegiatan penanaman pohon ini. 

Jerry berharap kepedapnya tidak hanya semangat dalam kegiatan menanam saja, namun semuanya bisa berperan aktif dalam merawat dan menjaga pohon-pohon ini dengan baik.

Kontributor: Wahyu Akanam
Editor: Musthofa Asrori

 
Bagikan:
IMG
IMG