PCNU Jember Pertegas Peran Lembaga di Bawahnya

PCNU Jember Pertegas Peran Lembaga di Bawahnya
Gedung dua lantai di area kantor PCNU Jember yang belum lama diresmikan penggunaannya, diharapkan dapat menunjang kinerja lembaga-lembaga NU Jember. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Gedung dua lantai di area kantor PCNU Jember yang belum lama diresmikan penggunaannya, diharapkan dapat menunjang kinerja lembaga-lembaga NU Jember. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

PCNU Jember, Jawa Timur bertekad untuk memaksimalkan peranan lembaga dalam merealisasikan program-programnya di masa-masa mendatang. Sebab sesungguhnya setiap program NU sudah teridentifikasi dalam lambaga-lembaga yang ada. Sehingga lembaga tinggal menindaklanjuti program yang telah disusun bersama antara PCNU dan lembaga-lembaga di bawahnya.

 

PCNU ibaratnya adalah induk dari lembaga-lembaga yang ada. Idealnya, semua program bisa dilaksanakan oleh lembaga masing-masing. Misalnya untuk urusan dakwah ada LDNU (Lembaga Dakwah Nahdaltul Ulama), urusan kekeluargaan ada LKKNU (Lembaga Kesejahteraan Keluarga Nahdlatul Ulama), soal pendidikan ditangani Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, dan seterusnya.

 

“Jadi sudah ada lembaganya masing-masing untuk mendukung dan melaksanakan program PCNU,” ucap Wakil Sekretaris PCNU Jember, Taufiq Hidayat kepada NU Online di Jember, Sabtu (11/1).

 

Menurut Taufiq, PCNU akan maju jika mendapat dukungan yang optimal dari lembaga-lembaga di bawahnya. Lembaga-lembaga dimaksud diharap tidak sekadar mengusulkan dan menyusun program tapi juga harus kreatif dan punya inisiatif untuk memajukan organisasi.

 

“Kalau semua dipasrahkan kepada cabang (PCNU) ya kelabakan. Itu fungsinya lembaga. Makanya distribusi program ‘kan sudah diperjelas,” ungkapnya.

 

Guru SMA Islam Jember itu menambahkan, sebagai lembaga ‘eksekutif’ kepengurusan tanfidziyah NU memang dilengkapi dengan sejumlah lembaga untuk melaksanakan prgram-program NU sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hal ini juga berlaku bagi kepengurusan tingkat wilayah dan pusat. Karena itu, kesungguhan lembaga dalam melaksanakan tugasnya sangat menentukan bagi suskes tidaknya sebuah kepengurusan cabang NU.

 

“Untuk itu, NU Jember setiap bulan di malam lailatul ijtimak meminta laporan setiap lembaga terkait pelaksanaan program-programnya,” jelas Taufiq.

 

Taufiq menegaskan bahwa program-program NU Jember akan efektif berjalan setelah pelantikan PCNU Jember masa khidmah 2019-2024 awal Pebruari 2020. Kendati belum dilantik, namun PCNU Jember tetap melaksanakan sejumlah program reguler, misalnya lailatul ijtimak, bahtsul masa’il (LBMNU), dan pendampingan warga NU di Gumukbago (LDNU).

 

“Mudah-mudahan awal bulan depan, pelantikan bisa dilaksanakan,” harapnya.

 

Sementara itu, pembangunan gedung berlantai dua di area Kantor PCNU Jember telah rampung, dan diresmikan sebulan yang lalu. Lantai dua dipergunakan untuk kantor LDNU, LAZISNU, dan LKKNU. Sedangkan lantai satu ditempati kantor LP Ma’arif Jember.

 

Pendanaan gedung itu sendiri untuk bagian lantai dua berasal dari APBD Provinsi Jawa Timur tahun Anggaran 2019, melalui alokasi dana Bansos anggota DPRD Jawa Timur periode 2014-2019, H Suhermin Abdul Muhaimin.

 

“Semoga bermanfaat, semoga bisa menunjang kinerja NU Cabang Jember,” ucap H Suhermin yang juga mantan Wakil Sekretaris PCNU Jember kepada NU Online via sambungan telepen seluler.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile