IMG-LOGO
Daerah

NU Lasem Siap Total Sukseskan Munas dan Konbes NU di Sarang


Senin 13 Januari 2020 08:00 WIB
Bagikan:
NU Lasem Siap Total Sukseskan Munas dan Konbes NU di Sarang
PCNU Lasem gelar rapat pleno sambut Munas dan Konbes NU di Sarang (Foto: NU Onlline/Misbakhul Munir)
Rembang, NU Online
Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah secara resmi telah ditunjuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU 2020.
 
Keputusan PBNU menempatkan Munas dan Konbes NU di Pesantren tinggal almaghfurlah KH Maimoen Zubair disambut baik oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lasem. Pasalnya, Sarang merupakan kawasan teritorial PCNU Lasem.
 
Ketua PCNU Lasem, KH Sholahudin Fatawi menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah munas dan konbes yang akan digelar pada pertengahan Maret 2020 mendatang.
 
"Sebagai tuan rumah Munas Alim Ulama dan Konbes NU Tahun 2020, NU beserta seluruh jajaran lembaga, badan otonom di semua tingkatan menyatakan siap menjadi tuan rumah," ujarnya kepada NU Online, Ahad (12/1).
 
Dijelaskan, terpilihnya NU Lasem sebagai tuan rumah Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2020 tidak terlepas dari keberkahan Almarhum Mbah Moen serta para ulama pendiri NU asal Lasem seperti Mbah Ma'shoem, Mbah Kholil, dan Mbah Baidlowi. 
 
"Terpilihnya PCNU Lasem sebagai tuan rumah Munas Alim Ulama' dan Konbes NU 2020 tidak bisa kita lepaskan dari keberkahan KH. Maemoen Zubair dan para ulama pendiri NU asal Lasem seperti Mbah Ma'shoem, Mbah Kholil dan Mbah Baidlowi," terangnya.
 
Dikatakan, tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu kemandirian umat. Hal itu sebagai bukti nyata bahwa NU hadir dan memberdayakan jamiyah dan jamaah NU. 
  
"Kegiatan munas yang berlangsung dua hari meski singkat, kami akan melakukan persiapan dengan segenap kemampuan yang ada. Selain berkoordinasi dengan Pesantren Al-Anwar, juga kami akan koordinasi dengan Bupati Rembang, DPRD, dan pihak-pihak terkait untuk suksesnya acara besar ini," pungkasnya.
 
Sebagaimana diwartakan, PBNU akan menyelenggarakan Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Pesantren Al-Anwar Sarang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah pada 18-19 Maret tahun ini. Pesantren tersebut merupakan asuhan almaghfurlah KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) yang hingga akhir hayatnya adalah seorang Mustasyar PBNU.  
 
Menurut Ketua Panitia Munas dan Konbes NU Juri Ardiantoro, pelaksanaan kegiatan tersebut akan berlangsung di empat pesantren Al-Anwar, yakni Al-Anwar pusat, Al-Anwar II, III, dan IV yang berada di kabupaten yang sama.  
 
“Kita sudah survei dan silaturahim ke tuan rumah. Bahkan sudah mengadakan rapat perdana dengan pihak pesantren,” ungkap Juri.  
 
Kontributor: Misbachul Munir
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG