IMG-LOGO
Nasional

Komunitas Warga Sidoarjo Galang Dana untuk Banjir Jabodetabek


Senin 13 Januari 2020 18:15 WIB
Bagikan:
Komunitas Warga Sidoarjo Galang Dana untuk Banjir Jabodetabek
Banser dan LAZISNU bersama puluhan komunitas warga Sidoarjo menggalang dana untuk korban banjir di Jabodetabek. (Foto: NU Online/M Kholidun)
Sidoarjo, NU Online
Ratusan masyarakat dari berbagai komunitas di Sidoarjo, Jawa Timur menggalang dana untuk korban banjir Jabodetabek. Dengan menggunakan alat kardus bertuliskan 'Peduli Banjir Jabodetabek', para pemuda ini berkeliling menghampiri setiap pengendara yang berhenti, saat rambu lalu lintas berwarna merah.
 
Koordinator galang dana, Ahmad Misbahur Rizal mengatakan bahwa kegiatan dilakukan untuk meringankan beban korban banjir yang terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi atau Jabodetabek. Aksi dilakukan setiap hari di Simpang Empat Pilang, Kecamatan Wonoayu, selama kurang lebih sepekan, mulai Sabtu hingga Ahad (4-12/1) dengan menggandeng 12 komunitas di Kecamatan Wonoayu.
 
12 komunitas itu di antaranya NU CARE LAZISNU Wonoayu, Deltamania Wonoayu, PAC IPNU-IPPNU Wonoayu, komunitas Kampung Lali Gatget (KLG), forum pemuda mandiri Ngumbuk, karang taruna kecamatan, ILKS, Wonoayu Bersatu, Bonek Wonoayu Militan Sidoarjo, Ansor dan Banser, komunitas Gerbang Nusantoro dan the Kids 90-an.
 
Rizal mengaku, pihaknya sengaja menggandeng beberapa komunitas yang ada di Wonoayu, agar bersama-sama turut melakukan aksi sosial. 
 
“Ini adalah bentuk kepedulian kami atas bencana yang melanda kawasan Jakarta beberapa waktu lalu,” katanya, Ahad (12/1).
 
Hasil penggalangan dana ini nantinya akan diserahkan ke NU CARE LAZISNU Sidoarjo, dan diteruskan ke korban banjir yang ada di Jakarta. 
 
“Alhamdulillah dana yang terkumpul dari penggalangan dana para sahabat dan relawan terkumpul sekitar Rp. 9.236.600.
 
Perwakilan Komunitas Wonoayu Bersatu Mochmmad Mahmudi menyatakan, pihaknya bersama sejumlah anggota sengaja ikut aksi ini untuk mengurangi beban penderitaan korban banjir. Aksi solidaritas tidak hanya dilakukan saat ini saja, melainkan beberapa waktu lalu komunitasnya juga kerap melakukan aksi sosial.
 
“Dulu kita juga pernah melakukan penggalangan dana untuk korban bencana Lombok. Kominutas Wonoayu Bersatu selalu siap melakukan aksi sosial seperti ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama,” ujar Mahmudi.
 
Hal senada juga dikatakan Humas Deltamania Wonoayu David. Menurutnya, sebagai supporter pendukung setia Deltras Sidoarjo, pihaknya dan anggota Deltamania Wonoayu yang lain selalu siap tampil untuk melakukan aksi kemanusiaan.
 
“Dari Deltamania untuk mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Oleh karena itu, sekitar 300-an anggota Deltamania Wonoayu bergantian melakukan galang dana. Siapa saja yang bisa dan tidak berhalangan hadir, bisa mengikuti kegiatan seperti ini,” pungkas David. 
 
 
Kontributor: Moh Kholidun
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG