Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ajak Tertib Lalu Lintas, Polsek Prenduan Sumenep Gandeng IPNU Pragaan

Ajak Tertib Lalu Lintas, Polsek Prenduan Sumenep Gandeng IPNU Pragaan
Polsek Prenduan Bersama PAC IPNU Pragaan menggelar sosialisai tertib berlalu lintas dan pelatihan pengaturan lalu lintas, (14/1). (Foto: NU Online/Sulaiman)
Polsek Prenduan Bersama PAC IPNU Pragaan menggelar sosialisai tertib berlalu lintas dan pelatihan pengaturan lalu lintas, (14/1). (Foto: NU Online/Sulaiman)

Sumenep, NU Online

Masalah ketertiban lalu lintas di jalan raya menjadi kewajiban dan tanggungjawab bersama, bukan hanya pihak kepolisian. Seluruh pengguna jalan memiliki kewajiban mentaati peraturan yang ada sesuai dengan Pasal 1 Angka 32 UU Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Kaum milenial masih menjadi penyumbang terbanyak dalam pelanggaran berlalu lintas. Menyikapi hal itu, Kepolisian Sektor (Polsek) Preduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggandeng Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Pragaan menggelar sosialisasi tertib berlalu lintas dan pelatihan pengaturan lalu lintas, di lapangan sepakbola Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan, Selasa sore (14/1).

 

Kapolsek Prenduan, Achmad Supriyadi menegaskan, kegiatan ini dalam rangka mendisiplinkan kaum milenial di jalanan dan sosialisasi pentingnya keselamatan di jalan raya, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

 

"Tercatat, pelanggaran lalu lintas masih banyak dilakukan oleh kalangan pemuda. Sehingga mereka perlu untuk segera diberi pemahaman terkait keselamatan berlalu lintas. Itu pun untuk menekan angka kecelakaan di jalanan," tegasnya pada NU Online.

 

Melalui sosialisasi dan pelatihan ini, kaum milenial diharapkan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, bersama-sama pihak kepolisian bergerak mengurangi angka kecelakaan yang semakin tahun semakin naik.

 

"Adik-adik IPNU ini diharapkan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Menularkan pengetahuan yang didapatkan kepada teman-temannya di sekolah maupun di kampus. Kegiatan seperti ini, insyaallah akan rutin kami lakukan," ungkap Achmad Supriyadi.

 

Ketua PAC IPNU Kecamatan Pragaan, Jalaluddin mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih telah menjadi bagian dari pelatihan sekaligus sosialisasi berlalu lintas ini. Ia juga menyatakan siap bersama pihak kepolisian bergerak menyasar segmen pelajar mensosialisasikan tertib berlalu lintas.

 

" Kami juga siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan akan menyasar di segmen pelajar untuk membantu kepolisian. Ini memang tugas kita bersama sebagai warga negara yang baik," kata mahasiswa INSTIK Annuqayah, Guluk-guluk, Sumenep tersebut.

 

Kontributor: Sulaiman

Editor: Aryudi AR

 

BNI Mobile