IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Gerakan Penghijauan Ansor Omben Sampang Tanam 4.000 Pohon


Sabtu 18 Januari 2020 22:50 WIB
Bagikan:
Gerakan Penghijauan Ansor Omben Sampang Tanam 4.000 Pohon
GP Ansor Omben Sampang saat melakukan Aksi Penanaman 4.000 Pohon. (Foto: NU Online/Sulaiman)

Sampang, NU Online

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jawa Timur tidak pernah berhenti bergerak. Terbaru, mereka melakukan penghijauan atau reboisasi dengan menanam 4.000 pohon, guna mencegah terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Gersempal, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jumat (17/1). Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Omben, Abd Rokib mengungkapkan, kegiatan ini memang sudah lama diinisiasi dalam upaya mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

 

"Hampir setiap musim hujan, yang namanya banjir dan tanah longsor tidak pernah absen di Sampang. Langkah ini sebenarnya sudah lama direncanakan bahkan sebelum musim penghujan ini tiba," jelas Abd Rokib.

 

Pria yang akrab disapa Rokib itu menegaskan, penanaman 4.000 pohon ini sebagai bentuk kepedulian kader Nahdlatul Ulama (NU) kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Ia meminta masyarakat lebih menjaga lingkungan dengan tidak melakukan tindakan membuang sampah bukan pada tempatnya dan menebang pohon sembarangan tanpa melakukan penanaman kembali.

 

"Kebiasaan membuang sampah sembarangan dan menebang pohon secara liar, jangan dilakukan lagi. Kita jaga lingkungan sekitar, lingkungan adalah sumber kehidupan kita," tegasnya.

 

Rokib menambahkan bahwa 4.000 pohon yang ditanam itu merupakan bantuan dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI NU) Kabupaten Sampang dengan mendatangkan dari Rumah Bibit di Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL), Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

 

Ia menjelaskan, GP Ansor Kecamatan Omben akan berusaha melakukan kegiatan-kegiatan yang dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Salah satunya buktinya dalah penghijauan itu.

 

" Kami memang berkomitmen untuk bergerak melaksanakan program-program yang dampaknya benar-benar dirasakan oleh masyarakat sekitar. Sebagai bentuk eksistensi NU untuk masyarakat," tukas Rokib.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Balantas Banser Satkoryon Kecamatan Omben, Ketua PAC GP Ansor Omben, Bagana Banser dan perwakilan MWCNU Omben.

 

Kontributor: Sulaiman

Editor: Aryudi AR

Tags:
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG