Kasatkornas Banser: Tugas Banser Jaga Aswaja dan NKRI

Kasatkornas Banser: Tugas Banser Jaga Aswaja dan NKRI
atau Kasatkornas Banser H Alfa Isnaeni usai menjadi pembina apel dalam gelar pasukan 10.000 kader Ansor  dan Banser di Alun-alun Kudus. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
atau Kasatkornas Banser H Alfa Isnaeni usai menjadi pembina apel dalam gelar pasukan 10.000 kader Ansor  dan Banser di Alun-alun Kudus. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Kudus, NU Online       
Kepala Satuan Koordinasi Nasional Barisan Ansor Serbaguna atau Kasatkornas Banser H Alfa Isnaeni menjadi pembina apel dalam gelar pasukan 10.000 kader Ansor  dan Banser di Alun-alun Kudus, Jawa Tengah, Ahad (19/1). 

Pada kesempatan itu, mantan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur itu  menggembleng dan memompa semangat ribuan kader Ansor serta Banser.
 
Alfa menegaskan bahwa tugas utama dari Banser adalah menjaga Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Sehingga kalau dalam praktiknya ada kalangan yang mencoba menghalangi terkait tugas utama tersebut, maka harus dilawan.
 
“Bila ada kelompok yang mencoba mendiskreditkan amalan Aswaja, kiai dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Banser harus berani melawan,”katanya.
 
Menurutnya, kader Ansor maupun Banser harus merawat NKRI berdasarkan Pancasila secara baik. Sebab, masih ada kelompok yang mempersoalkan Pancasila dengan ingin merubah paham khilafah. Terhadap kelompok atau kalangan ini tidak ada pilihan lain kecuali memberikan perlawanan karena bertentangan dengan amanah para pendiri bangsa.
 
“Bila ada yang menyuarakan khilafah,kita lawan,” tegasnya yang dijawab “Siap” ribuan Ansor dan Banser.
 
Dengan komitmen kebangsaan yang terus dipompakan kepada para pegiat Ansor maupun Banser, maka yang mendesak dilakukan adalah melaksanakan perintah yang telah digariskan secara baik. Pada saat yang sama juga menjaga pesan para kiai dan ulama yang menitipkan untuk menjaga Islam Aswaja.
 
“Intinya, tugas Banser adalah mengamalkan, mendakwahkan dan menjaga Islam Aswaja An-Nahdliyah,” tegasnya lagi.
 
Selain Komandan Satkornas Banser, hadir pula Ketua PW GP Ansor Shalahudin Aly, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kudus, H Asyrofi Masyito, Plt Bupati Kudus H Hartopo, Kodim dan Kapolres Kudus, serta tamu undangan lain.
 
Usai apel yang diikuti anggota maupun kader Ansor serta Banser, malam harinya dilanjutkan Konferensi Cabang XII GP Ansor Kudus di MANU Miftahul Falah Cendono Dawe. 
 
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor H Yaquth Cholil Qoumas dipastikan hadir membuka acara tersebut. 
 
 
Kontributor: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile