IMG-LOGO
Daerah

Cara Pelajar NU Kepulauan Meranti Tingkatkan Militansi


Selasa 21 Januari 2020 11:54 WIB
Bagikan:
Cara Pelajar NU Kepulauan Meranti Tingkatkan Militansi
Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di aula MAN 2 Kepulauan Meranti. (Foto: Istimewa)
Meranti, NU Online
Upaya penguatan SDM kader NU terus dilakukan oleh organisasi pelajar NU di Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) melakukannya dengan menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di aula MAN 2 Kepulauan Meranti.
 
Ketua PC IPNU Kabupaten Kepulauan Meranti Mhd. Mansur menjelaskan bahwa kegiatan Makesta tersebut merupakan bagian dari program kerja dan wahana membentuk pelajar NU yang militan dalam mengembangkan ajaran Ahlusunnah wal Jamaah An-Nahdiyah.
 
"Kita berharap dengan adanya Makesta ini, rekan-rekan pelajar bisa lebih mengetahui tentang IPNU dan menjadi kader yang militan," ujar Owen didampingi Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Rangsang Barat Muhammad Owen, Sabtu (18/1).
 
Kegiatan Makesta angkatan ke-2 ini dilaksanakan dua hari mulai 18-19 Januari 2020 dan diikuti oleh para anggota baru. Sebelumnya, Makesta serupa juga sudah diselenggarakan di Pondok Pesantren Al Aqobah Gogok Darusalam.
 
Beberapa pembicara memaparkan materi dari berbagai unsur seperti dari PCNU Kepulauan Meranti dan alumni IPNU-IPPNU setempat. Di antaranya adalah pemaparan dari Ketua STAI Nurul Hidayah Selatpanjang sekaligus Ketua IPNU Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Khidmat 2009-2011 Syukron Darsyah.
 
Dalam materi tentang Ke-IPNU-IPPNU-an, Syukron mengingatkan para kader bahwa proses yang dilalui ini merupakan bagian dari pengabdian terhadap Nahdlatul Ulama dan harus terus dijalani dengan ikhlas sambil terus belajar dengan tekun.
 
Sementara Sekretaris PCNU Kabupaten Kepulauan Meranti Kiai Imam Ghazali menyampaikan materi ke-NU-an dan mengingatkan warga NU khususnya para generasi muda NU untuk senantiasa mengamalkan dan mempertahankan nilai-nilai ajaran Aswaja an-Nahdliyah.
 
Kegiatan diikuti oleh siswa-siswi madrasah dan sekolah serta mahasiswa di 4 ecamatan yakni Kecamatan Rangsang Barat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Tebing Tinggi Barat.
 
Selain diisi berbagai materi, Makesta juga diwarnai dengan diskusi kelompok dan pembaiatan anggota yang berjalan dengan khidmat. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Makesta yang akan dilaksanakan kembali secara berkala di Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.
 
Editor: Muhammad Faizin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG