IMG-LOGO
Nasional

NU Peduli Masih Buka Donasi untuk Korban Banjir Jabodetabek-Lebak


Selasa 21 Januari 2020 12:00 WIB
Bagikan:
NU Peduli Masih Buka Donasi untuk Korban Banjir Jabodetabek-Lebak
Relawan Tim NU Peduli saat membantu warga terdampak banjir Jakarta. (Foto: Tim NU Peduli)
Jakarta, NU Online
Tim NU Peduli masih terus melakukan upaya-upaya agar masyarakat terdampak banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Lebak, Banten bisa kembali hidup normal seperti sedia kala.

Tim NU Peduli yang terdiri dari Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahldatul Ulama (LAZISNU), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI), Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), Ansor Banser NU, dan Rabitah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU bergerak melakukan rehabilitasi dan pemulihan dengan cara bergotong royong membersihkan sampah dan puing-puing sisa banjir.

Kemudian, pendistribusian kebutuhan rumah tangga, penyaluran alat kebersihan, pendirian dapur umum, cek kesehatan gratis, dan kegiatan sosial lain yang berdampak. Saat ini, NU Peduli intens melakukan penggalangan dana khusus untuk  membantu korban banjir di Jabodetabek dan Lebak.

“Jadi kami melibatkan dan kolaborasi banyak pihak ke beberapa titik posko NU Peduli di Jabodetabek dan Lebak. Dalam hal ini NU Care-LAZISNU sebagai leading sektor untuk penggalangan akan mendistribusikannya (bantuan) melalui lembaga-lembaga terkait. Kalau konteks kebencanaan dan evakuasi ada LPBI, untuk rehablitiasi dan kesehatan ada LKNU, dan untuk bantuan infrastruktur pesantrennya ada RMI,” kata Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU, Abdurrouf kepada NU Online, Senin (20/1).

Ia menuturkan, salah satu yang menjadi fokus NU Peduli adalah 20 pesantren di Kabupaten Lebak, Banten yang rusak akibat banjir bandang. NU Peduli berencana membangun kembali 20 pesantren tersebut agar para santri bisa kembali mengaji.

“Namun kita juga ikut melakukan  monitoring terkait dengan penyaluran dan pendistribusian bantuan lain dari dermawan kepada korban banjir. Supaya bantuan itu tepat sasaran, diterima oleh penerima manfaat dengan baik dan ada dampak sosial yang lebih besar. Secara umum, masyarakat merasakan manfaat sebesar-besarnya dari keberadaan NU Peduli ini,” ucapnya.

Sebelumnya sepekan setelah banjir terjadi, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui NU Care-LAZISNU juga telah menyerahkan bantuan senilai 1 miliar rupiah bagi korban banjir di Jakarta dan sekitarnya. Selain uang, diberikan juga obat-obatan, makanan, baju, dan kebutuhan rumah tangga lain.

"Jangan dilihat jumlahnya yang hanya 1 miliar ini, tapi ini merupakan kontribusi, kepedulian PBNU terhadap bencana musibah alam yang menimpa masyarakat Jabodetabek ini," kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj beberapa waktu yang lalu.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG