Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ketua Ansor Gresik Ingatkan Tantangan Berkhidmah di NU

Ketua Ansor Gresik Ingatkan Tantangan Berkhidmah di NU
Jamaah membentangkan bendera NU saat pertemuan. (Foto: NU Online)
Jamaah membentangkan bendera NU saat pertemuan. (Foto: NU Online)
Gresik, NU Online
Geliat berkhidmah dan perwujudan kaderisasi untuk NU di Gresik, Jawa Timur terus tumbuh. Hal itu tampak pada Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sidayu yang mengadakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) bagi seluruh kader tingkat ranting sejak Jumat hingga Ahad (24-26/1).
 
Pelatihan tersebut dilaksanakan di Desa Kertosono, Sidayu mengambil tema ‘Membentuk Kader Militan, Produktif dan Kontributif yang Berideologi Aswaja An-Nahdhiyah’.
 
Kegiatan yang diikuti puluhan peserta itu dibuka secara resmi oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Gresik, Agus Junaidi Hamzah. 
 
Pada kesempatan pembuka, Agus terlebih dahulu menanyakan secara serius kepada para peserta terkait tujuan mereka mengikuti PKD.
 
“Siapkah kalian berkhidmat kepada NU?” tanya Agus yang kemudian dijawab lantang oleh seluruh kader yang mengikuti.
 
Agus melanjutkan, bahwa menjadi kader NU tidaklah mudah. Hal itu disebabkan karena tantangan yang akan dihadapi juga tidak sembarangan. Dirinya mengungkapkan hanya ada dua pilihan yang didapat di NU, termasuk Ansor yakni berkah atau kualat.
 
“Hanya ada dua pilihan yang akan kalian dapatkan di NU maupun Ansor, kalau tidak berkah ya kualat,” ucap Agus dengan tegas.
 
Kemudian ia menutup sambutan dengan mengatakan hanya keikhlasan yang mampu mengantarkan berkah bagi siapapun yang mau berjuang bagi NU.
 
“Dan keikhlasan kalian untuk berjuang di NU lah yang mampu mengantarkan kalian mendapatkan berkah,” tutupnya.
 
Selama proses pelatihan, peserta PKD ditempa untuk mendapatkan kompetensi pelatihan, di antaranya, memiliki wawasan keilmuan yang luas dan bobot pengetahuan yang lebih memadai tentang Aswaja, NU, keindonesian, kebangsaan, Ansor, Banser serta dalil amaliah dan tradisi keagamaan NU.
 
Sebagai pemateri dalam PKD tersebut, salah satu instruktur PKPNU wilayah Jawa Tmur,  Minahul Mubin atau yang biasa dikenal dengan sahabat Mubin.
 
Di sela penyampaian materi, Mubin menerangkan bahwa KH M Hasyim Asy'ari akan mendoakan husnul khatimah siapa saja yang mau berjuang di NU.
 
“Mbah Hasyim akan mendoakan husnul khatimah siapa saja yang berjuang di NU dan proses PKD adalah usaha kita untuk menjemputnya,” tutur Mubin.
 
 
Kontributor: M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile