Bangun Umat, NU Sumatera Barat Fokus Program Pendidikan dan Ekonomi

Bangun Umat, NU Sumatera Barat Fokus Program Pendidikan dan Ekonomi
PWNU Sumatera Barat masa khidmat 2019-2024 berfoto bersama usai Rapat Pembentukan Panitia Pelantikan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Padang, Ahad (26/1). (Foto: Ist)
PWNU Sumatera Barat masa khidmat 2019-2024 berfoto bersama usai Rapat Pembentukan Panitia Pelantikan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Padang, Ahad (26/1). (Foto: Ist)
Padang, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Sumatera Barat menegaskan, selama lima tahun ke depan pihaknya akan fokus pada program pendidikan dan ekonomi. Kedua program tersebut menjadi prioritas utama untuk berkhidmat membangun umat di Sumatera Barat.

Demikian disampaikan Ketua PWNU Sumatera Barat Ganefri pada saat Rapat Pengurus  perdana di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Padang, Ahad (26/1). Rapat yang langsung dipimpin Ganefri itu dihadiri Mustasyar Asasriwarni, Rais Syuriyah Hendri, Sekretaris Suleman Tanjung, dan sejumlah pengurus lainnya. 

Menurut Ganefri, program pendidikan akan fokus  bagaimana memaksimalkan dan membenahi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat. Sehingga UNU mampu menjadi instrumen dalam pengembangan NU di Sumatera Barat. 

“Potensi sumber daya manusia yang ada di lingkungan NU Sumatera Barat nantinya akan dimaksimalkan,” tutur Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang ini.

Sedangkan program ekonomi penting dilakukan untuk penguatan pendanaan organisasi. Menurut Ganefri, pihaknya akan mencoba peluang apa saja yang bisa dikembangkan sehingga mampu memberikan sumbangan keuangan dalam menjalankan roda organisasi nantinya.

“Sedangkan peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia kader NU Sumatera Barat tetap menjadi perhatian. Melalui Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) kita akan terus memperbanyak kader NU, sehingga makin banyak masyarakat di Sumatera Barat yang berkesempatan mengenal NU lebih mendalam,” katanya.  

“Mudah-mudahan masing-masing PCNU mampu menyelenggarakan MKNU. Selain itu, PWNU juga akan mengirimkan trainer pada ToT MKNU. Sehingga instruktur MKNU tidak terlalu tergantung dari PBNU, tapi juga sudah di daerah. Hal ini sejalan dengan kebijakan Tim MKNU PBNU,” tambahnya.

Berkaitan dengan keluarnya Surat Keputusan PBNU Nomor 409/A.II.04/01/2020 tentang Pengesahan PWNU Sumatera Barat masa khidmat 2020-2025, tertanggal 21 Januari 2020, maka susunan kepengurusan PWNU Sumatera Barat sudah ditetapkan. 

“Insyaallah akhir Februari mendatang akan dilaksanakan pelantikan yang langsung dihadiri Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siroj. Panitia pelaksana juga sudah kita sepakati,” kata Ganefri. 
 
Kontributor: Armaidi Tanjung
Editor: Muchlishon
BNI Mobile