Tekad Ma'arif NU Jombang Tingkatkan Pendidikan 

Tekad Ma'arif NU Jombang Tingkatkan Pendidikan 
Kunjungan PC LP Ma'arif NU Jombang ke Dusun Tanjung, Desa Ngusikan, Kecamatan Ngusikan, Jombang dalam rangka mendirikan JPZISNU di MI Mambaul Ma'arif. (Foto: Istimewa)
Kunjungan PC LP Ma'arif NU Jombang ke Dusun Tanjung, Desa Ngusikan, Kecamatan Ngusikan, Jombang dalam rangka mendirikan JPZISNU di MI Mambaul Ma'arif. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Jombang, Jawa Timur semakin gencar turun ke bawah (turba) melakukan komunikasi dengan beberapa pihak dalam upaya meningkatkan pendidikan di bawah naungannya. Sabtu (25/1) kemarin, dua kawasan dilalui oleh pengurus Ma'arif NU menggunakan mobil operasionalnya yang baru saja dimiliki.

Pertama, di Dusun Gempol, Desa Karang Pakis, Kecamatan Kabuh, Jombang. Di kawasan ini, Ma’arif NU menginisiasi berdirinya lembaga pendidikan madrasah yang nanti berada di bawah koordinasi Ma'arif NU langsung. Daerah ini sempat viral beberapa waktu lalu karena ada salah satu warga setempat yang mengaku sebagai nabi, yaitu 'Nabi Jari'.

"Kita ingin di daerah yang pernah fenomenal ini bisa segera berdiri lembaga pendidikan agama yang diinisiasi PC LP Ma'arif NU Jombang," kata Ketua PC LP Ma'arif NU Jombang Nur Khozin kepada NU Online, Senin (27/1).

Beberapa pengurus PC LP Ma'arif NU dalam kunjungannya bersama pengurus Jaringan Pelayanan Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) Ma'arif NU. Mereka berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait untuk menggali potensi-potensi yang ada di sana. Termasuk segala macam persiapan mulai dirembukkan secara bertahap. 

"Kita ke sana menggali potensi-potensi yang ada," ungkapnya. 

Kemudian kunjungan kedua di Dusun Tanjung, Desa Ngusikan, Kecamatan Ngusikan, Jombang. Di wilayah ini, tepatnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ma'arif di bawah Yayasan Nurul Huda Ngusikan diupayakan LP Ma'arif NU untuk pendirian JPZIS Ma’arif NU. 

Keberadaan JPZIS Ma’arif NU di sejumlah lembaga pendidikan di bawah koordinasi LP Ma'arif NU selama ini cukup nampak manfaatnya. Di samping siswa-siswi diajarkan untuk senang bersedekah sejak dini, JPZIS  Ma’arif NU juga mengedukasi siswa-siswi memilki jiwa kemanusiaan yang tinggi kepada sesama. Tak ayal, JPZIS seringkali bisa membantu siswa-siswi yang kurang mampu membayar biaya pendidikan di suatu madrasah atau sekolah.

"Daerah ini kami mengistilahkan dengan 'Jagong Bayi' karena di dusun ini pada tahun ajaran 2019-2020 ini berdiri MI Mambaul Ma'arif yang di bawah Yayasan Nurul Huda. Kita mengapresiasi teman-teman MI Mambaul Ma'arif sekaligus kita mengupayakan segera didirikan JPZIS Ma’arif NU," ucapnya.

Sehingga, lanjut pria yang akrab disapa Khozin ini, segera menjadi satu di dalam barisan Lembaga Pendidikan Ma'arif untuk mengefektifkan dan mengembangkan pendidikan di Jombang khususnya. "Dan berbagai energi bersama-sama dalam keluarga besar Ma'arif yang memiliki tagline bagaimana pendidikan di LP Ma'arif khususnya di LP Ma'arif Jombang itu adalah manfaati, barakahi, dan mandiri," pungkasnya.

Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Musthofa Asrori
BNI Mobile