Daerah

Sehari Koin Muktamar Diluncurkan, Nahdliyin Karawang Kumpulkan Rp22.415.000

Sen, 27 Januari 2020 | 09:00 WIB

Karawang, NU Online
Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang, Jawa Barat menggelar Tasyakuran Harlah ke-94 NU sekaligus peluncuran Koin Muktamar di Masjid Raya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (25/1). Kegiatan diisi dengan mauidzoh hasanah oleh KH A. Mustofa Bisri (Gus Mus).

Disela-sela rangkaian acara, ribuan jamaah yang hadir ikut serta menyumbangkan rizkinya dan terkumpul Rp22.415.000 untuk Muktamar NU di Lampung pada 22-27 Oktober 2020 mendatang. 

Pengurus Cabang NU Karawang, Jawa Barat, Asep Syafe’i menuturkan, kegiatan dalam rangka mensukseskan agenda sakral NU yakni Muktamar ke-34 di Lampung. Menurut dia, sebagai warga NU sudah seharusnya menjalankan intruksi yang disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar  Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj. 

Dia dan pengurus lain siap menggalang dana untuk Muktamar melalui gerakan-gerakan yang massif di masyarakat.  Selama ini, ujar dia, warga NU, sangat banyak tetapi belum pernah digerakan untuk kegiatan internal NU. 

“Untuk itu kami berharap, semua warga Karawang ikut mensukseskan Koin Muktamar,” tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 420/AII/04 D/10/2019, Muktamar ke-34 NU dilaksanakan di Provinsi Lampung. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan penyelenggaraan muktamar dilaksanakan pada tanggal 5-10 Rabiul Awwal 1442 Hijriah atau tanggal 22-27 Oktober 2020, yang berbarengan dengan momen Hari Santri. Persiapan Muktamar sudah dilakukan, termasuk perencanaan pembiayaan yang diharapkan berasal dari gerakan Koin Muktamar.  

PBNU menginginkan muktamar kali ini dengna pembiayaan dari NU, oleh NU, dan untuk NU. Maka, melalui gerakan Koin Muktamar seluruh Nahdliyin di seluruh penjuru dunia diharapkan mampu membangun kemandirian untuk agenda lima tahunan NU itu.  
Gerakan Koin Muktamar sendiri merupakan ikhtiar berkesinambungan guna mencapai kemandirian finansial NU. Semenjak peluncuran program nasional Koin NU, yang terbukti telah menghasilkan capaian yang cukup signifikan, baik dari sisi manajerial, penghimpunan, program hingga pelaporan.  

"Mari kita sukseskan Muktamar NU ke-34 dengan ikut berpartisipasi melalui gerakan Koin Muktamar agar kita mendapatkan berkah dari Allah dan mendapatkan rahmat-Nya fid dunia wal akhirat. Koin Muktamar dari NU, oleh NU, untuk NU," tutur Kiai Said.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad