IMG-LOGO
Daerah

Pelajar NU Harus Siap Hadapi Era Bonus Demografi


Rabu 29 Januari 2020 14:30 WIB
Bagikan:
Pelajar NU Harus Siap Hadapi Era Bonus Demografi
Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) IPNU-IPPNU Pangandaran, Jawa Barat, Ahad (27/1). (Foto: NU ONline/ Soleh Hidayat)
Pangandaran, NU Online
Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat Maftuh Abdurrohman, mengajak para pelajar Nahdlatul Ulama di daerahnya untuk terus berupaya mempersiapkan diri menjelang era bonus demografi.
 
Bonus demografi sendiri akan didapat Indonesia beberapa tahun ke depan di mana Indonesia akan menghadapi pertumbuhan penduduk dengan mayoritas berada pada usia kerja. Pada masa ini akan terjadi kompetisi ketat para generasi muda dalam meraih kesuksesan dan cita-cita.
 
"Milenial NU harus mampu mengembangkan minat dan bakat dirinya sehingga kedepan kader IPNU/IPPNU mampu bersaing di semua sektor," katanya pada acara Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) IPNU-IPPNU Pangandaran, Ahad (27/1).
 
Untuk mempersiapkan hal ini, Pimpinan Cabang IPNU Pangandaran membekali para pengurus dan pelajar NU dengan berbagai hal, salah satunya melalui kegiatan Makesta. Kegiatan ini pun mengangkat tema motivatif yakni Mengembangkan Potensi dan Jati Diri Melalui Organisasi.
 
Makesta ini merupakan agenda kaderisasi dasar Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri  Nahdlatul Ulama (IPPNU) sekaligus gerbang awal para generasi milenial berkiprah dan memahami Jamiyyah Nahdlatul Ulama.
 
Selain menyiapkan kader NU yang siap menghadapi tantangan zaman, Makesta ini juga digelar untuk menanamkan nilai-nilai ke-NU-an kepada para pelajar. Hal ini penting karena pelajar di era saat ini harus dibentengi pemahaman agamanya agar tidak terpengaruh paham Islam transnasional yang terus merangsek melalui berbagai cara.
 
"Materi yang disampaikan yaitu mengenai keaswajaan, ke-NU-an, tradisi keagamaan NU, keorganisasian, ke-IPNU/IPPNU-an dan ke Indonesiaan," jelasnya pada Makesta yang diselenggarakan di Yayasan Badrul Rohim, Cimerak Pangandara itu.
 
Sementara sebagai salah satu upaya pengembangan potensi kader, ketua Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Pangandaran Ai Mudrikah mengajak pelajar NU untuk optimis menatap masa depan. Optimisme ini diwujudkan dengan melanjutkan jenjang pendidikan di level perguruan tinggi.
 
"Kami akan terus berupaya untuk mendorong kader-kader IPNU/IPPNU tetap terus berupaya melanjutkan pengembangan potensi di level perguruan tinggi bonafit," katanya.
 
Kontributor: Soleh Hidayat
Editor: Muhammad Faizin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG