Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARLAH KE-94 NU

Peringati Harlah NU, Ansor Banser Lebaksiu Tegal Kampanyekan Masjid Bersih  

Peringati Harlah NU, Ansor Banser Lebaksiu Tegal Kampanyekan Masjid Bersih  
Kegiatan bersih-bersih masjid di Lebaksiu, Tegal, Jateng (Foto: NU Online/Syaiful Bahri)
Kegiatan bersih-bersih masjid di Lebaksiu, Tegal, Jateng (Foto: NU Online/Syaiful Bahri)
Tegal, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menggelar kegiatan bersih masjid. Dalam kegiatan yang diikuti ratusan kader Ansor dan Banser tersebar di beberapa masjid di Kecamatan Lebaksiu pada Rabu (29/1).
 
Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Lebaksiu Askoi kepada NU Online, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian persiapan acara peringatan Harlah ke-94 NU versi miladiyah.
 
"Ini dilakukan untuk pembersihkan masjid baik dari fasilitas dan fisik masjid dari semua debu dan kotoran dan mencuci semua karpet yang ada di masjid dengan menggandeng dan bekerjasama dengan TJ Loundry sebagai salah satu pendukung acara.
 
Dikatakan, aksi bersih-besih Masjid dipusatkan di Masjid Baitussalam Desa Yomani Kecamatan Lebaksiu dengan melibatkan 30 anggota Banser beserta takmir masjid setempat.
 
"Ini sekaligus ajakan Ansor kepada masyarakat khususnya warga NU di Kecamatan Lebaksiu untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keasrian masjid di lingkungannya," tegasnya. 

Menurut Askoi, kebersihan masjid perlu menjadi perhatian mengingat banyak kaum muslimin khususnya warga NU yang kurang memperhatikan kondisi fisik masjid maupun mushala yang ada di lingkungannya khususnya terkait dengan kebersihannya di mana kebersihan merupakan penyangga utama kesehatan masyarakat.
 
“Warga NU harus punya perhatian lebih terhadap kebersihan lingkungan, tidak terkecuali sarana ibadah maupun fasilitas umum lainnya, untuk itu kami lakukan gerakan bersih Masjid sebagai upaya untuk mengkampayekan gerakan kebersihan," ungkapnya. 
 
"Harapannya kegiatan ini bisa ditindaklanjuti oleh masyarakat di lingkungannya masing-masing untuk selalu menjaga perilaku hidup sehat bagi masyarakat," imbuhnya.
 
Ketua panitia Harlah ke-94 NU Lebaksiu Yazid Habibi menambahkan, peringatan Harlah NU akan diisi sejumlah kegiatan sosial di antaranya Aksi Donor Darah dengan menggandeng PMI Kabupaten Tegal, Servis motor murah bekerjasama dengan Honda Astra Indonesia, Ruqyah masal bersama Jamiyah Ruqyah Aswaja (JRA) serta cukur dan pijat gratis.
 
"Puncak peringatan harlah diisi dengan ijazah kubro Ratibul Atthas dan Ratibul Haddad yang digelar pada Sabtu-Ahad, 1-2 Februari 2020 mendatang," bebernya.
 
Ketua PAC Ansor Lebaksiu Ryan Saeful Rizal berharap kegiatan semacam ini bukan sekedar seremonial semata, namun mampu menjadi awal yang positif bagi masyarakat dalam semua aspek, tidak terkecuali kebersihan dan kesehatan masyarakat.
 
"Untuk itu, PAC GP Ansor Banser Lebaksiu siap sedia untuk bekerjasama demi kemajuan Nahdlatul Ulama bersama warga NU, dan masyarakat," pungkasnya. 
 
Kontributor: A Saiful Bahri/Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile