Fatayat NU Karanganyar Bentuk Kader ASI

Fatayat NU Karanganyar Bentuk Kader ASI
Fatayat NU Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menggelar seminar kesehatan 'Beri ASI, Generasi Berprestasi', Rabu (29/1) di Gedung DPRD Karanganyar (Foto: Ahmad Rosyidi)
Fatayat NU Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menggelar seminar kesehatan 'Beri ASI, Generasi Berprestasi', Rabu (29/1) di Gedung DPRD Karanganyar (Foto: Ahmad Rosyidi)
Karanganyar, NU Online
Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020 yang lalu, Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menggelar seminar kesehatan, Rabu (29/1) di Gedung DPRD Karanganyar.
 
Seminar kesehatan yang diikuti oleh masing-masing perwakilan dari 17 PAC Fatayat NU Karanganyar dan perwakilan dari GOW (Gabungan Organisasi Wanita) ini mengambil tema Beri ASI, Generasi Berprestasi.
 
Seminar ini dilakukan sebagai upaya mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan Karanganyar sehat dengan memberi dukungan serta pengetahuan tentang pentingnya ASI eksklusif yang ditujukan kepada, ibu yang usai melahirkan, calon ibu, bahkan untuk bapak.
 
"Saat ini banyak sekali perempuan yang enggan menyusui bayinya dengan alasan takut jika bentuknya akan berubah usia menyusui, padahal faktor penunjang utama dalam proses tumbuh kembang anak secara optimal dengan memberikan ASI ekslusif," ungkap Sri Lestari, Ketua PC Fatayat NU Karanganyar saat memberikan sambutan.
 
Oleh sebab itu, lanjutnya, Fatayat yang di dominasi oleh ibu-ibu muda harus ikut berperan dalam meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pemberian ASI.
 
Hadir sebagai narasumber dalam seminar ini adalah Asih Karmiati, salah satu dokter yang tergabung dalam PDNU Karanganyar. Ia menjelaskan beberapa manfaat ASI dari segi medis dan kelebihan ASI dibanding susu formula.
 
Narasumber lainnya, M Zuhaid mengatakan pentingnya menyusui dan keutamaannya dari prespektif agama. Dalam paparannya ia menjelaskan makna radha'ah menurut gurunya, Syech Wahbah Zuhaili dalam al-Fiqh al-Islam wa Ad'illatuhu.
 
 
Kontributor: Ahmad Rosyidi
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile