IMG-LOGO
Nasional

Lini Bisnis Ansor Kota Tegal Raih Predikat Terbaik


Sabtu 1 Februari 2020 20:00 WIB
Bagikan:
Lini Bisnis Ansor Kota Tegal Raih Predikat Terbaik
Ansor Ritel Kota Tegal ditetapkan sebagai yang terbaik tingkat nasional. (Foto: NU Online/Kurniawan Mohammad)
Tegal, NU Online
Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi organisasi, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tegal, Jawa Tengah memiliki unit bisnis bernama Ansor Ritel yang menopang kebutuhan pergerakannya. Lini usaha tersebut bergerak dalam penyediaan kebutuhan dasar masyarakat.
 
Belum lama ini, unit usaha yang dikelola GP Ansor Kota Tegal tersebut mendapatkan penghargaan sebagai Ansor Ritel Terbaik tingkat nasional dari Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor. Penghargaan tersebut disampaikan dalam rangkaian acara Pelantikan PC GP Ansor di GOR Wisanggeni, Ahad (26/1) malam lalu.
 
Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi PC GP Ansor Kota Tegal, Feri Hanamto menjelaskan, Ansor Ritel Kota Tegal yang beroperasi belum genap satu tahun memiliki beberapa komoditas yang diperdagangkan, di antaranya adalah konveksi, sembako, dan layanan transaksi virtual. 
 
“Fokus kami di penyediaan bahan-bahan kebutuhan pokok setiap masyarakat. Pasar utama kami memang nahdhiyin yang jumlahnya terbilang cukup besar. Selain itu, tentunya kami juga melayani masyarakat umum,” jelasnya.
 
Meski terbilang masih muda, namun perkembangan Ansor Ritel Kota Tegal cukup pesat. Menurut Feri, pihaknya terus mendapatkan penawaran kerja sama dari berbagai produsen maupun distributor produk. 
 
“Setelah konsisten memasarkan sembako, tawaran pemasaran yang datang kepada kami cukup bervariasi. Belum lama ini, kami dipercaya untuk memasarkan mesin espresso yang dapat digunakan kafe maupun kedai kopi,” terangnya.
 
Selain varian komoditas yang berkembang, lanjut Feri, pangsa pasar yang dirambah juga terus meluas. 
 
“Kami telah mensuplai bahan pokok seperti gula dan telor ayam ke wilayah Banyumas dan beberapa daerah di Jawa Barat. Kini kami juga telah memiliki gudang baru yang lebih luas untuk meningkatkan kapasitas,” urainya.
 
Di bidang layanan transaksi virtual, Ansor Ritel Kota Tegal juga menunjukkan perkembangan yang juga cukup tinggi. Manajer Divisi Virtual Ahmad Muhajirin menerangkan, dalam sebulan lebih dari 2000 transaksi telah terlayani. 
 
“Layanan transaksi yang kami gunakan adalah aplikasi Sarinu Pay yang merupakan produk dari PP Ansor. Transaksi yang kami layani meliputi pulsa, tagihan listrik dan PDAM, iuran BPJS, angsuran finance, virtual money, bahkan juga transfer rekening bank,” ungkapnya. 
 
Bahkan saat ini keberadaannya memiliki 400 downline dan merupakan peringkat teratas dibandingkan Ansor Ritel daeral lain sehingga ditunjuk untuk percontohan nasional.
 
Ketua PP GP Ansor Mujiburrahman atau akrab disapa Gus Mujib yang hadir menyerahkan penghargaan, menyebutkan, pergerakan ekonomi Ansor yang ada di daerah harus maju. 
 
“Kemandirian organisasi harus terus dibangun dan diperkuat. Sudah saatnya organisasi tidak hanya mengejar kuantitas kader, namun juga harus mengedepankan kualitas kadernya,” pungkasnya.
 
Kontributor: Kurniawan Mohammad
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG