Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
MUKTAMAR KE-34 NU

Harlah ke-94 NU, LAZISNU di Sidoarjo Gelar Kirab Koin Muktamar

Harlah ke-94 NU, LAZISNU di Sidoarjo Gelar Kirab Koin Muktamar
Kirab Koin Muktamar Nahdlatul Ulama menyapa sejumlah lembaga pendidikan di kawasan Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Yuli R)
Kirab Koin Muktamar Nahdlatul Ulama menyapa sejumlah lembaga pendidikan di kawasan Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Yuli R)
Sidoarjo, NU Online
Semarak kirab Koin Muktamar Nahdlatul Ulama yang telah berlangsung selama sepekan ini di sekolah dan madrasah se-Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sasarannya tentu saja lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU dan mendapatkan sambutan luar biasa dari guru, siswa, dan wali murid.

Dan bertepatan Jumat (31/1) yang bertepatan dengan hari lahirnya ker- 94 NU, Kirab Koin Muktamar NU hadir di Kecamatan Tarik. Turut hadir pada kirab tersebut pengurus NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan juga didukung jajaran Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tarik beserta badan otonom atau Banom NU.
 
“Kegiatan ini bisa terwujud atas sinergi yang baik antara Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah atau UPZIS LAZISNU MWCNU Tarik dengan  Gerakan Pemuda Ansor, Barisan Ansor Serbaguna yakni Banser, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama atau IPNU dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama yaitu IPPNU yang ada di wilayah MWCNU Tarik,” kata Nur Kholik. 
 
Kirab kotak Koin Muktamar digelar dengan berkeliling ke seluruh lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU. Mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- Kecamatan Tarik.
 
“Momen tersebut juga dimanfaatkan untuk mengenalkan NU kepada siswa dan siswi,” kata Ketua UPZIS LAZISNU MWCNU Tarik tersebut. 
 
Dan kirab koin Muktamar NU menyapa SMPN 6 Tarik, SMK Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) 7, hingga MI Mifftahul Hikmah.
 
“Kami bersyukur karena rombongan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para siswa, guru dan wali murid,” ucap Nur Kholik.
 
H Siaman selaku Ketua MWCNU Tarik mengucapkan terima kasih kepada seluruh dewan guru, siswa dan wali murid atas kontribusinya dengan menyisihkan sebagian rizki untuk upaya menyukseskan Muktamar ke-34 NU di Lampung dan sebagai wujud kemandirian NU. 
 
"Kirab Koin Muktamar NU ini secara tidak langsung mendidik para siswa bersedekah, disiplin dan taat akan instruksi yang disampaikan oleh para guru," kata H Siaman saat sambutan. 
 
Suwaji sebagai Bendahara UPZIS LAZISNU MWCNU Tarik usai kirab menyampaikan bahwa hasil perolehan kirab Koin Muktamar ini  seluruhnya akan diserahkan kepada NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo.
 
“Kemudian dikumpulkan dengan hasil kirab dari kecamatan lainnya yang selanjutnya diserahkan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU melalui Pengurus Wilayah NU Care-LAZISNU Jawa Timur,” katanya.
 
Salah seorang panitia mengemukakan bahwa penggalangan donasi dana Muktamar NU ini juga dilaksanakan di sejumlah madrasah ibtidaiyah. Seperti Mergobener, Kedinding, Sebani, Singogalih, Banjarwungu, Tarik, Balongmacek, Klanting dan Mindu.
 
“Dan hasil penggalangan tersebut akan diserahkan oleh kepala madrasah kepada UPZIS LAZISNU MWCNU Tarik,” pungkasnya. 
 
 
Pewarta: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile