Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Koperasi NU di Gresik Optimis Raih Kepercayaan Warga

Koperasi NU di Gresik Optimis Raih Kepercayaan Warga
Santunan kepada puluhan yatim dan seragam lengkap bagi Banser untuk Pimpinan Ranting Ansor se-Kecamatan Dukun. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Santunan kepada puluhan yatim dan seragam lengkap bagi Banser untuk Pimpinan Ranting Ansor se-Kecamatan Dukun. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Gresik, NU Online
Rapat Tahunan Anggota (RAT) Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nahdlatul Ulama Dukun, Gresik, Jawa Timur dilaksanakan dalam rangka tutup buku tahun 2019. Kegiatan dipusatkan di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, Sabtu (1/2).
 
Kegiatan yang  diikuti sekitar 250 anggota koperasi dan warga NU Kecamatan Dukun tersebut berlangsung lancar dan penuh semangat. Acara juga dihadiri perwakilan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, Rodli Syam. Tampak pula pengurus MWCNU Dukun, seluruh badan otonom (Banom) dan Muspika Dukun, serta Dinas Koperasi Kabupaten Gresik.
 
H Muanan mengatakan bahwa KSPPS NU Dukun termasuk kategori koperasi yang sehat yang mampu melaksanakan program dengan amanah warga sekitar sehingga kepercayaan semakin tinggi. 
 
“Dalam kurun empat tahun terakhir ini, KSPPS NU Dukun mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, terbukti semakin bertambahnya perolehan Sisa Hasil Usaha atau SHU tiap tahun,” tutur Ketua KSPPS NU Dukun tersebut.
 
Ia menegaskan hal tersebut berkat adanya kerja sama yang baik selama ini dengan pengurus yang lain. Kemudian adanya keterbukaan, dan yang lebih penting adalah warga NU serta organisasi merasakan manfaatnya.
 
“Untuk tahun 2016, SHU sebesar Rp.5.682.800, tahun 2017 meningkat menjadi Rp.50.451.676, kemudian tahun 2018 sebesar Rp.162.015.293, dan tahun ini SHU KSPPS NU Dukun meningkat sebesar Rp.368.002.856,” jelasnya saat menyampaikan laporan di hadapan peserta RAT.
 
Target pada tahun 2020 KSPPS NU Dukun mampu tumbuh mencapai 10 miliar rupiah dengan SHU sebesar Rp.560.000.000. Tentu itu  harus didukung dengan kerja keras dan kerja sama semua elemen, baik pengurus maupun warga NU sekitar.
 
Selain penyampaian laporan tahunan, kegiatan juga diisi dengan santunan kepada puluhan yatim dan seragam lengkap bagi Barisan Ansor Serbaguna atau Banser untuk 26 Pimpinan Ranting Ansor se-Kecamatan Dukun. 
 
Sementara itu, Pengawas KSPPS NU Dukun, H Nadib menuturkan bahwa RAT di tahun ke 4 ini, aset yang dimiliki sangatlah membanggakan. Tentu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
 
“Pencapaian di tahun ini cukup signifikan dan luar biasa,” ucap H Nadib
Dirinya mengamini target yang telah disampaikan Ketua KSPPS NU Dukun yang telah menetapkan hingga mencapai 10 miliar rupiah.
 
“Kalau tahun 2020 dengan penambahan anggota meningkat, maka secara logis aset KSPPS NU bisa mencapai angka 10 miliar rupiah sebagaimana yang disampaikan Ketua KSPPS,” katanya.
 
Keseluruhan harapan tersebut akan sangat mungkin terjadi ketika semangat atau ghirah Nahdliyyin, kekompakan pengurus, selalu istikamah mensyiarkan KSPPS NU melalui kegiatan MWCNU Dukun. 
 
Dan untuk agenda di tahun 2020, KSPPS NU akan membuka cabang di wilayah Gresik Pantura sebagai dakwah dalam melayani umat.
 
 
Kontributor: M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
.
 
BNI Mobile