Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Nakhodai GP Ansor Larangan, Syaiful Anam Bertekad Hidupkan 3 Fungsi Banser

Nakhodai GP Ansor Larangan, Syaiful Anam Bertekad Hidupkan 3 Fungsi Banser
Syaiful Anam (tiga dari kiri) usai terpilih sebagai Ketua PAC Ansor Larangan. (Foto: Hairul Anam)
Syaiful Anam (tiga dari kiri) usai terpilih sebagai Ketua PAC Ansor Larangan. (Foto: Hairul Anam)

Pamekasan, NU Online

Di tengah derasnya fitnah, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tetap berdiri tegak. Mereka tidak menyurutkan semangat sedikit pun dalam mengawal kiai serta kokohnya spirit keagamaan dan kebangsaan.

 

Demikian ditegaskan Syaiful Anam usai terpilih sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Larangan. Syaiful terpilih dalam Konferensi Anak Cabang (Konferancab) di kediaman Ketua MWCNU Larangan KH Juhedi, Montok, Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (2/2) pagi.

 

Dalam kepemimpinannya 2 tahun ke depan, Syaiful bertekad akan mengasah tiga fungsi Banser. Yakni, fungsi kaderisasi, stabilisator, dan dinamisator.

 

"Dalam hal fungsi kaderisasi, sebagaimana diatur dalam AD/ART, Banser merupakan perangkat organisasi GP Ansor sebagai kader terlatih untuk pengembangan kaderisasi di lingkungan GP Ansor," urainya.

 

Dalam hal fungsi stabilisator, tambahnya, Banser merupakan perangkat organisasi GP Ansor yang berfungsi sebagai pengaman program-program sosial kemasyarakatan GP Ansor.

 

"Sementara fungsi dinamisator, Banser merupakan perangkat organisasi GP Ansor yang berfungsi sebagai pelopor penggerak program-program GP Ansor," paparnya.

 

Untuk itu, bersama Tim Formatur, Syaiful sekaligus akan merampungkan struktur kepengurusan Banser Larangan. Apalagi, sejauh ini sudah banyak pemuda di Kecamatan Larangan yang lulus Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser.

 

"Tinggal kita nanti kembali menyatukan persepsi di rumah bersama bernama GP Ansor," tegas Syaiful Anam.

 

Kepada Kepala Satkoryon Banser Larangan yang nanti terpilih, Syaiful berharap agar Banser betul-betul menjalankan tugas perencanaan dalam mempersiapkan dan mengamalkan cita-cita perjuangan GP Ansor, serta menyelamatkan dan mengembangkan hasil-hasil perjuangan yang telah dicapai.

 

"Tentu juga kita akan melaksanakan program sosial kemasyarakatan dan program pembangunan yang berbentuk rintisan dan partisipasi," tegasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Syaiful mengapresiasi kepengurusan Ansor Larangan sebelumnya yang dipimpin Baisuni. Ketika dipimpin Baisuni, Ansor Larangan terbilang maju.

 

"Bahkan, satu-satu PAC Ansor di Kabupaten Pamekasan yang sukses menyelenggarakan PKD se-Madura Raya," tukasnya.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile