Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kiai Said: Gus Sholah Sosok Berprinsip Kuat tapi Sabar

Kiai Said: Gus Sholah Sosok Berprinsip Kuat tapi Sabar
KH Salahudin Wahid dan KH Said Aqil Siroj (Foto: Sofwan)
KH Salahudin Wahid dan KH Said Aqil Siroj (Foto: Sofwan)
Jakarta, NU Online
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siroj mengatakan bahwa KH Salahudin Wahid atau yang kerap dipanggil Gus Sholah adalah sosok yang mempunyai prinsip yang kuat, namun tetap sabar.

"Prinsip yang kokoh dan sabar," kata Kiai Saidnya dalam wawancara dengan Kompas TV, Ahad (2/2) malam.

Disampaikan juga oleh KH Said bahwa Gus Sholah adalah seorang penulis yang menghasilkan karya tulisan yang bagus. Sehingga, dari hasil karya tulisannya, dirinya mengakui banyak manfaat yang dirasakan.
 
"Saya mengambil banyak faedah dari tulisan beliau," ujar Kiai Said.

Kiai Said juga menjelaskan, almarhum adalah Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur. Dalam pengasuhan tersebut, Gus Sholah menginginkan, kelak santri setelah keluar dari pesantren dapat hidup bermasyarakat.

"Beliau sangat mendambakan pesantren yang alumninya siap terjun di masyarakat," terang KH Said.
 
Menurutnya, Gus Sholah sosok yang sangat memperhatikan pendidikan di Pesantren. Terbukti dengan langkah-langkah yang dilakukan berupaya supaya santri, selain menguasai ilmu Agama juga memahami teknologi terkini.
 
"Beliau orang yang sangat peduli terhadap pendidikan pesantren," tuturnya.
 
Secara pribadi, Kiai Said mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat kehilangan akan sosok yang bisa dijadikan panutan, terutama bagi rakyat Indonesia. Selain memiliki keilmuan yang tinggi, almarhum juga merupakan cucu pendiri Nahdlatul Ulama Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari.
 
"Kita betul-betul kehilangan sosok cucu pendiri NU. Kita meneladani beliau," ungkapnya.
 
Kontributor: Wahyu Akanam
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile