Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ini Rangkaian Proses Pemakaman Gus Sholah 

Ini Rangkaian Proses Pemakaman Gus Sholah 
KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. (Foto: NU Online)
KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. (Foto: NU Online)
Jombang, NU Online
Pihak keluarga memastikan bahwa pemakaman almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah akan dilakukan sore ini, Senin (3/2) di Jombang. Kaum Muslimin dapat memberikan penghormatan terakhir kepada cucu KHM Hasyim Asy’ari tersebut dengan melakukan shalat janazah dan mengantarkan ke pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng.
 
Kepastian tersebut disampaikan oleh putra Gus Sholah, Irfan Asyari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid. Dalam status dan pesan berantai yang dikirimkan disebutkan jadwal pemberangkatan hingga pemakaman di Jombang.
 
“Rundown pemakaman KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah),” kata Gus Ipang yang juga dikirim oleh sejumlah keluarga dalem Pesantren Tebuireng.
 
Lebih rincinya sebagai berikut:
07.30 Rombongan peserta penumpang pesawat berkumpul di Ruang VIP Bandara Halim Perdana Kusuma.
Pada 08.30 almarhum Gus Sholah dan keluarga inti berangkat dari rumah duka menuju ke Halim Perdana Kusuma.
09.30 almarhum tiba di Bandara Halim PK
10.00 lepas landas dengan pesawat Batik Air (special flight)
11.30 tiba di Bandara Juanda, Surabaya.
12.00 : Menuju Pesantren Tebuireng, Jombang.
14.00 : Tiba di pesantren dan almarhum disemayamkan di masjid setempat.
16.00 : Pemakaman almarhum.
 
“Silakan bagi kaum Muslimin dan siapa saja yang berkenan memberikan penghormatan terakhir untuk hadir sesuai jadwal yang telah diatur,” kata Ustadz Teuku Azwani.
 
Disampaikan abdi dalem Pesantren Tebuireng tersebut bahwa untuk shalat janazah akan dilakukan di masjid pesantren.
 
“Kalau saat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dulu dishalatkan di Masjid Ulul Albab sekitar pesantren, sedangkan untuk almarhum Gus Sholah di masjid pesantren,” ungkapnya.
 
Gus Sholah yang juga Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Harapan Kita Palmerah, Jakarta Barat pada pukul 20.59 WIB.   
 
Berdasarkan informasi yang diterima NU Online, jenazah tengah dimandikan di rumah sakit tersebut. Kemudian malamnya jenazah disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka di jalan Kapten Tendean No 2C, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.   
 
Sedangkan hari ini, Senin (3/2) sekitar pukul 09.00 WIB, jenazah diberangkatkan ke Bandar Udara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur untuk diterbangkan ke Jombang. Jenazah kemudian dimakamkan di kawasan pemakaman Pesantren Tebuireng, Jombang pada Senin sore.    
 
"Almarhum rencana dimakamkan di Tebuireng jam 4 sore (Senin)," kata Isnan B, salah satu santri Gus Sholah.  
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
BNI Mobile