IMG-LOGO
Jelang Muktamar NU

Lembaga Maarif dan Pelajar NU Lampung Tengah Siap Sukseskan Muktamar Ke-34


Selasa 4 Februari 2020 06:30 WIB
Bagikan:
Lembaga Maarif dan Pelajar NU Lampung Tengah Siap Sukseskan Muktamar Ke-34
Kegiatan Diklatama IPNU-IPPNU Lampung Tengah. (Foto: NU Online/Syarief)
Lampung Tengah, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Kabupaten Lampung Tengah menginstruksikan seluruh satuan pendidikan Ma'arif untuk menyukseskan kegiatan Muktamar ke-34 NU yang akan dilaksanakan di Provinsi Lampung ada 22-27 Oktober 2020 mendatang. Hal ini dilakukan dengan maksimalisasi gerakan Koin Muktamar di lembaganya masing-masing.
 
Ketua PC LP Ma’arif NU Lampung Tengah H Syarief Kusen mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi gerakan kemandirian NU ini sejak bulan Januari 2020. Dengan gerakan Koin Muktamar ini ia optimis gelaran forum tertinggi NU akan sukses dilaksanakan.
 
“Gerakan koin Muktamar NU ini sudah kita sosialisasikan sejak bulan Januari 2020 lalu, kita bangun sikap kemandirian organisasi ini mulai dari seluruh satuan pendidikan yang ada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Lampung Tengah," kata pria yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Tengah melalui sambungan telepon, Senin (3/2) petang.
 
Ia menjelaskan sasaran dari gerakan koin Muktamar NU ini meliputi seluruh pengurus NU, para kepala sekolah dan madrasah beserta guru, tata usaha, dan peserta didik di seluruh tingkatan.
 
Saat ini, lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah tersebar di 28 kecamatan. Lembaga ini terdiri dari 31 TK Ma’arif, 29 RA Ma’arif, 27 MTs Ma’arif, 11 SMP Ma’arif, 5 SMA Ma’arif, 17 MA Ma’arif, dan 5 SMK Ma’arif. 
 
Persiapkan Muktamar dengan  Diklatama

Selain menyukseskan Muktamar melalui Koin Muktamar, segenap elemen NU di Lampung tengah juga menggelar berbagai kegiatan pendukung untuk menyambut perhelatan akbar lima tahunan NU ini.
 
Seperti yang dilakukan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dengan menggelar Pendidikan Latihan Pertama (Diklatama) Corp Brigade Pembangunan(CBP) Korp Pelajar Putri (KPP) IPNU-IPPNU, Ahad (2/2) lalu.
 
“Disamping mempersiapkan Muktamar, kami menggelar Diklatama ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Lahir ke-94 Nahdlatul Ulama," ungkap Ketua PC IPNU Lampung Tengah, Ali Imron tentang kegiatan yang dilaksanakan sejak 31 Januari sampai 2 Februari 2020 di Pondok Pesantren Hidayatul Ulum, Rama Kelandungan, Seputih Raman, Lampung Tengah ini.
 
Sementara Ketua PC IPPNU Lampung Tengah Matsna Nurul Khalidah, menambahkan Diklatama ini diikuti 118 peserta. Bukan hanya terdiri dari utusan pimpinan komisariat dan pimpinan anak cabang di Lampung Tengah namun juga ada utusan dari Kabupaten Tulang Bawang.
 
“Materi yang disampikan dalam CBP dan KPP meliputi Aswaja dan ke-NU-an oleh MWCNU Seputih raman, Wawasan CBP KPP oleh DKW CBP KPP Provinsi Lampung, PBB dan tata laksana upacara oleh Koramil Seputih Raman," tambah Mahasiswi UNU Lampung ini.
 
Beberapa materi lain juga diberikan di anyaranya lrotokoler oleh Satkorcab Banser Lampung Tengah, komunikasi dan kerjasama tim oleh DKW CBP Provinsi Lampung, orientasi lapangan oleh DKW KPP Provinsi Lampung, dan kepemimpinan dan organisasi.
 
Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Seputih Raman Kiai Salim Hariyanto menyatakan Diklatama merupakan kegiatan yang sangat positif untuk persiapan kader-kader pelajar dalam tugas keamanan pada Muktamar NU ke-34 mendatang.
 
"Nek wani ojo wedi-wedi, nek wedi ojo wani-wani (kalau berani jangan takut-takut, kalau takut, jangan berani-berani). IPNU-IPPNU adalah garda pertama dalam berkhidmat di NU sebagai badan otonom termuda  NU. Jangan menjadi kader yang prematur," pesannya.
 
Ia pun harapan melalui Diklatama tersebut akan tercetak kader-kader IPNU-IPPNU yang militan, tanggap, cinta tanah air, yang berjiwa nasionalis dan mampu menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.
 
Kontributor: Akhmad Syarief Kurniawan
Editor: Muhammad Faizin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG