Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Libatkan Warga, Gerakan Jumsih Polres Banjar Sasar Rumah Ibadah

Libatkan Warga, Gerakan Jumsih Polres Banjar Sasar Rumah Ibadah
Suasana gerakan Jumsih Polres Banjar bersama warga saat membersihkan Masjid Agung Kota Banjar, Jumat (7/2). (Foto: NU Online/Wahyu)
Suasana gerakan Jumsih Polres Banjar bersama warga saat membersihkan Masjid Agung Kota Banjar, Jumat (7/2). (Foto: NU Online/Wahyu)
Kota Banjar, NU Online
Gerakan Jumat bersih (Jumsih) dikenal sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat untuk membersihkan wilayah dan fasilitas umum di wilayahnya tiap Jumat. Untuk itu, sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat, Polres Kota Banjar menggelar kegiatan tersebut di sejumlah rumah ibadah yang berada di wilayah kota tersebut.

Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana melalui Paur Subbag Humas Bripka Shandi mengatakan ada tiga masjid yang menjadi sasaran yaitu Masjid Agung Banjar, Masjid At Taqwa Dobo dan Masjid Multazam Pusdai Kota Banjar.

Bripka Shandi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polsek di Kota Banjar. Jumsih dilaksanakan guna membantu takmir masjid setempat membersihkan dan merapikan fasilitas yang akan digunakan oleh jamaah Jumat.

"Kegiatan ini kita gelar serentak di Banjar. Kita niatkan ibadah, membersihkan masjid sebelum pelaksanaan sholat Jumat. Ini dilakukan agar Polres Banjar semakin dekat dengan masyarakat Kota Banjar," jelasnya kepada NU Online, Jumat (7/2).

Sementara itu, terpantau menghadiri kegiatan Jumsih Wakil Kepala Polres Banjar Kompol Ade Najmulloh didampingi Ketua FKUB KH Ahmad Iskandar, membaur dengan para personel dan bergerak bersama membersihkan sampah yang berserakan.

Kompol Ade menerangkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda mingguan Polres Kota Banjar guna meningkatkan pelayanan kepada warga.

"Ini bentuk bakti sosial kepada masyarakat. Kegiatan ini akan selalu ditingkatkan oleh Polres Banjar setiap hari Jumat," jelasnya didampingi Ketua FKUB KH Ahmad Iskandar.

Sementara itu, turut serta membantu Jumsih Pengurus Gereja GKI Ko Asja, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh jajaran Polres Banjar. Pasalnya, jumlah personel yang terlibat cukup banyak. Tidak hanya membersihkan masjid belaka, melainkan gereja terdekat pun ikut serta dibersihkan.

"Ini bentuk toleransi dan saya sangat bahagia dan senang sekali. Tidak hanya bantuan fisik namun lebih ke hubungan dan kedekatan Polres Banjar dengan para pengurus dan jemaat gereja," tuturnya.

Kontributor: Wahyu Akanam
Editor: Musthofa Asrori    
 
BNI Mobile