Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jaga Kamtibmas, GP Ansor di Sumenep Patroli Bersama Polisi

Jaga Kamtibmas, GP Ansor di Sumenep Patroli Bersama Polisi
Saat Pengurus GP Ansor Kecamatan Ganding melakukan patroli bersama kepolisian, Sabtu malam (8/2). (Foto: NU Online/Sulaiman)
Saat Pengurus GP Ansor Kecamatan Ganding melakukan patroli bersama kepolisian, Sabtu malam (8/2). (Foto: NU Online/Sulaiman)

Sumenep, NU Online

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas), Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur bersinergi dengan kepolisian setempat menggelar patroli.

 

Patroli ini menjadi rutinitas yang dilakukan oleh PAC GP Ansor Kecamatan Ganding setiap Sabtu malam. Program ini dilakukan berangkat dari kekhawatiran terhadap perilaku anak muda yang sering menyimpang dari norma sosial maupun agama.

 

"GP Ansor Ganding memang memiliki komitmen agar bisa membantu pihak kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan sekitar. Inisiatif ini berangkat dari perilaku pemuda yang banyak menyimpang," tegas Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Ganding, Zainal saat ditemui di sela-sela patroli bersama kepolisian, Sabtu (8/2).malam.

 

Perilaku menyimpang ini, menurut Zainal, tidak boleh dibiarkan. Mereka perlu diberikan penyadaran agar terselamatkan dari perbuatan yang sekiranya tidak baik bagi keberlangsungan masa depannya.

 

"Kami bersama pihak kepolisian berusaha memberikan pemahaman terhadap masyarakat, agar bisa menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Terpenting yang juga lakukan, adalah memberikan penyadaran kepada anak muda agar tidak gampang terjerumus pada perbuatan yang bisa merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar," tegasnya.

 

Sekarang keresahan masyarakat terhadap perilaku anak muda memang terbilang sangat tinggi. Apalagi semakin banyaknya kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang melibatkan anak muda.

 

"Anak muda adalah masa depan bangsa ini. Jangan biarkan mereka merusak dirinya sendiri dengan perbuatan yang tidak baik, salah satunya penyalahgunaan narkoba," kata Kepala Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) Kecamatan Ganding, Affan.

 

Malam Ahad, tambah Affan, biasanya menjadi waktu favorit berkumpulnya anak muda. Mengingat keesokan harinya adalah waktu libur bagi mereka yang masih aktif mengenyam pendidikan. Maka dari itu, pihaknya paling sering melakukan patroli pada malam Ahad.

 

"Paling sering kami melakukan patroli pada malam Ahad. Yang paling ditakutkan kami, mereka terlibat dalam penyalahgunaan obat-obat terlarang," tukasnya.

 

Sementara Kapolsek Kecamatan Ganding, Abd. Salam mengaku salut pada komitmen dan semangat GP Ansor Ganding dalam hal membantu menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

 

"Kami sangat terbantu dan salut pada komitmen sahabat Ansor untuk bersama-sama meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, antara pihak kepolisian dan GP Ansor bisa tukar informasi dalam pencegahan perilaku yang menyimpang, seperti pengedaran narkoba dan lainnya," tutur Abd. Salam.

 

Kontributor: Sulaiman

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile